Sambangi Kantor Desa Tuapukan, LKC-DD NTT Paparkan Capaian Kinerja 2021

LKC (Layanan Kesehatan Cuma-Cuma) Dompet Dhuafa Nusa Tenggara Timur sambangi aula kantor Desa Tuapukan paparkan capaian program sanitasi dan JKIA (Jaring Kesehatan Ibu dan Anak) tahun 2021 pada hari Kamis, 30 Desember 2021.

Kegiatan yang berlangsung dari jam 10.00 pagi ini dihadiri oleh 18 orang, diantaranya Kepala Desa Tuapukan, Bapak BPD, Perwakilan Puskesmas Oesao, Kepala Dusun dan RT serta perwakilan kader setiap posyandu.

Ummi Muhammad selaku Kepala LKC-DD NTT memaparkan capaian progam sanitasi dan jkia yang berjalan di tahun 2021.

“Program sanitasi ini sudah berjalan dari tahun 2018 sampai 2021, ada perubahan dari masyarakat terkait perilaku PHBS (Perilaku Hidup Bersih dan Sehat) meningkat 100%, serta terbangunnya jamban sehat sebanyak 30 kepala keluarga pada tahun 2021. Untuk JKIA adanya perubahan kenaikan berat badan serta status gizi pada Baduta (bayi dua tahun) yang diintervensi yakni 9 orang mengalami kenaikan dari total 12 anak yang diberikan intervensi,” ujar Ummi.

Sementara itu Linda yang merupakan Staf Desa Tuapukan mengutarakan kedepannya program STBM akan dilanjutkan oleh pihak desa.

“Saat ini masih tersisa 13 KK yang belum memiliki jamban sehat, dari hasil diskusi pihak desa sudah menyetujui akan melanjutnya STBM ini melalui kerjasama dengan dinas-dinas terkait, khususnya masyrakat yang belum memiliki jamban. Untuk program JKIA juga akan diteruskan terkait masalah gizi pada baduta dan ibu hamil ole pihak desa serta sudah dianggarkan PMT (Pemberian Makan Tambahan) untuk periode 2022,” tutur Linda.

Leave A Comment

Your Comment
All comments are held for moderation.