Berita Terbaru

Rayakan Milad ke-20, LKC-DD Banten Kolaborasi dengan Optik Sansino berikan Kacamata Gratis ke Puluhan Murid di Pamulang

Mata adalah jendela dunia, dilansir dari kemkes.go.id indera penglihatan mendominasi aktifitas kita sehari-hari yakni berkisar 83%. Dalam upaya memberikan akses kesehatan penglihatan, Layanan Kesehatan Cuma-Cuma Dompet Dhuafa Banten berkolaborasi dengan Optik Sansino menggelar pemeriksaan mata dan pembagian kacamata gratis kepada siswa-siswi serta guru di Sekolah Dasar Islam Bina Cendikia Kedaung, Pamulang, Tangerang Selatan pada hari Sabtu 13 November 2021.

Andy Asry selaku Penanggung Jawab Program LKC-DD Banten mengungkapkan kegiatan ini merupakan salah satu bentuk kepedulian terhadap kaum dhuafa yang terkendala biaya untuk membeli kacamata dan ini merupakan salah satu rangkaian milad LKC-DD yang ke-20.

“Pemberian kacamata gratis ini diberikan kepada siswa-siswi dan guru yang mempunyai masalah di penglihatan, rencana target dari yang diskrining sekitar 150 siswa beserta guru, dengan harapan dari 150 itu bisa terjaring menjadi 50 penerima manfaat yang bermasalah terkait penglihatan, dari 50 penerima manfaat itu akan kita buatkan sesuai dengan pemeriksaan mata hari ini,” ujar Andy.

Andy menjelaskan setelah skrining dan pemilihan kacamata, selanjutnya akan dilakukan sesi fitting atau mencoba kacamata yang telah dipilih, sebelum akhirnya kacamata tersebut diserahkan kepada penerima manfaat.

“Dipakai nyaman atau tidak, kalau nyaman berarti sudah clear dan selesai, lalu diserahkan secara resmi kepada penerima manfaat, jika ada yang kurang nyaman nanti diperbaiki oleh tim optiknya. Sehingga kacamata yang kita berikan benar-benar bermanfaat dan dipakai oleh siswa-siswi serta guru yang membutuhkan,” tutur Andy.

Sementara itu, Neneng Susilawati sebagai Pemilik Yayasan SDI Bina Cendikia mengutarakan rasa bahagianya atas pemberian kacamata untuk anak murid dan para guru disekolahnya.

“Terima kasih kepada LKC Dompet Dhuafa atas kerjasamanya dengan pemeriksaan mata gratis ini. Kegiatan ini membawa manfaat untuk kami dan semoga kerjasama ini bisa berlanjut,” ucap Neneng.

Selain itu, para orang tua wali murid mengaku senang dengan pemberian kacamata ini. Salah seorang wali murid bernama Suptrapri mengungkapkan kegiatan pemeriksaan mata dan pemberian kacamata ini sangat membantu sekali.

“Alhamdulillah ada pemeriksaan mata gratis seperti ini, sangat membantu untuk anak-anak, apalagi banyak orang yang memiliki keterbatasan waktu dan biaya, semua ini tertolong oleh adanya kegiatan ini. Terima kasih kepada LKC Dompet Dhuafa atas kerjasamanya serta bantuannya untuk pemeriksaan mata gratis dan pembagian kacamata gratis ini,” kata Suptrapti.