Peringati Hari Kesehatan Jiwa Sedunia, LKC Dompet Dhuafa NTB Gelar Deteksi Kesehatan Jiwa

localhost/lkc, NTB – Layanan Kesehatan Cuma-Cuma (LKC) Dompet Dhuafa Nusa Tenggara Barat (NTB) mengadakan kegiatan Deteksi Dini Kesehatan Jiwa di wilayah Kawasan Sehat LKC Dompet Dhuafa NTB, tepatnya di Dusun Gedang Siang Desa Gili Gede Indah, Senin, 19 Oktober 2020.

Kegiatan ini selaras dengan diperingatinya Hari Kesehatan Jiwa sedunia yang jatuh setiap tanggal 10 Oktober. Umi Muhammad sebagai Project Manager LKC Dompet Dhuafa NTB menjelaskan bahwa kegiatan ini dilakukan untuk mengetahui kondisi kesehatan jiwa masyarakat, ia juga mengkhawatirkan gangguan kejiwaan mengalami peningkatan akibat dampak dari pandemi Covid-19.

“Di masa pendemi ini kan ada banyak hal yang polanya mengalami perubahan, seperti belajar yang harus dilakukan dari rumah, bekerja dari rumah, kemudian ada juga pembatasan aktivitas berkumpul, belum lagi yang mengalami pemutusan kerja yang harus dialami oleh masyarakat. Untuk itu kami lakukan kegiatan ini agar dapat mengetahui kondisi kesehatan jiwa masyarakat di sekitaran kawasan sehat LKC Dompet Dhuafa NTB,” terang Umi.

Ia menerangkan deteksi dini kesehatan jiwa yang dilakukan kali ini menggunakan metode Self Reporting Questionnaire (SRQ) dengan 20 pertanyaan dan Geriatric Depression Scale (GDS) dengan 15 pertanyaan.

“Deteksi dini kesehatan jiwa dilakukan dengan cara home visit atau kunjungan ke rumah dan berkelompok dengan sasaran pelajar hingga lansia,” kata Umi.

Sebanyak 91 responden berhasil diskrining dan diberikan edukasi terkait “Tips Menjaga Kesehatan Mental”.

“Bagi responden yang mengalami gangguan kesehatan jiwa akan ditindaklanjuti dengan dirujuk ke fasilitas kesehatan dan dikonseling oleh konselor kejiwaan,” pungkas Umi.