Berita Terbaru

Peringati Bulan Ramadhan 1443 H LKC-DD Banten Kolaborasi dengan Myris Gulirkan Ratusan Paket Booster Nutrisi untuk Ibu Hamil, Bayi dan Balita

Dalam rangka memenuhi kebutuhan nutrisi selama bulan Ramadhan 1443 Hijriah, sekaligus memberikan edukasi seputar makanan sehat dan bergizi, Layanan Kesehatan Cuma-Cuma (LKC) Dompet Dhuafa Banten berkolaborasi dengan Myris Design Studio gulirkan booster nutrisi atau pembagian paket nutrisi dan membuka kelas demo masak untuk ratusan penerima manfaat di Kampung Ciwaru, Kelurahan Cipocok Jaya, Kecamatan Cipocok Jaya, dan di Kampung Gowok, Kelurahan Sukajaya, Kecamatan Curug Kota Serang, Banten pada hari Jumat, 22 April 2022.

“Aksi booster nutrisi dan kelas demo masak yang kita lakukan hari ini merupakan rangkaian dari program Ramadhan Layanan Kesehatan Cuma-Cuma Dompet Dhuafa wilayah Banten bekerjasama dengan Myris, sekaligus merupakan tindak lanjut dari intervensi gizi program kawasan sehat wilayah LKC-DD Banten,” tutur Danan Panggih Wisastra selaku Kepala LKC-DD Banten.

Aksi ini berhasil menjaring sebanyak 108 penerima manfaat yang terdiri dari kelompok rentan, meliputi ibu hamil, bayi dan balita.

“Total penerima manfaat untuk program ini target kita adalah 108 yang terdiri dari ibu hamil, bayi  dan balita. Tujuan dari program ini adalah untuk meningkatkan status gizi bayi balita dan ibu hamil yang ada di kawasan sehat LKC-DD wilayah Banten. Jadi peningkatan status gizi yang kita lakukan di kawasan sehat ini bukan hanya melalui kegiatan ini saja, melainkan sudah kita lakukan melalui program kawasan sehat yang sudah berlangsung dari tahun 2020, 2021 dan sampai saat ini dengan penerima manfaat yang berganti sampai dengan status gizi mereka meningkat atau tidak bermasalah,” jelas Danan.

Selain itu, Gumilar yang menjabat sebagai Kepala Seksi Ketentraman dan Ketertiban Kelurahan Sukajaya, Kecamatan Curug, Kota Serang mengungkapkan kegiatan ini bisa menjadi stimulan agar semua masyarakat yang berada di wilayah ini nantinya mampu mengolah makanan dengan bahan yang tersedia secara mandiri.

“Terima kasih kepada Dompet Dhuafa atas kegiatan yang dilangsungkan di Kampung Gowok ini, mengusung tema berbagi nikmat sehat untuk dhuafa. Kegiatan ini bisa menjadi stimulan ya bu, pemberian paket nutrisi yang ibu terima ini diharapkan agar ibu hamil, bayi dan balitanya bisa hidup lebih sehat dan nutrisinya bisa tercukupi. Kemudian melalui demo masak yang diadakan, nanti ibu semuanya bisa mempelajari bu, bahannya apa saja, cara masaknya bagaimana, agar bisa menjadi santapan yang sehat dan bergizi untuk anaknya,” ungkap Gumilar.

Sejalan dengan itu, Neneng Nasutiowati, SKM, MM selaku Kepala Puskesmas Kecamatan Curug menuturkan hal yang serupa, menurutnya kegiatan ini bisa menjadi stimulan agar para ibu bisa lebih mandiri untuk mampu mengolah makanan dengan bahan yang ada di sekitar kita.

“Ayo bu, kita perbaiki sama-sama jika ada anak yang memiliki gizi yang kurang, disini ada ahli gizi, kita bisa berkonsultasi, bisa dilihat nanti cara masaknya bagaimana, cara penyajiannya, tipsnya bagaimana agar anak kita mau makan, jangan sampai makanan yang sudah kita olah, nanti yang makan malah ibunya bukan anaknya. Harus bisa mandiri bu, karena diharapkan kegiatan booster nutrisi ini bisa menjadi stimulan bu, kedepannya ibu-ibu harus bisa mandiri, harus bia membuat sendiri makanan bergizi dengan bahan-bahan yang tersedia di sekitar kita,” ungkap Neneng.

Leave A Comment

Your Comment
All comments are held for moderation.