Berita Terbaru, Berita Terbaru

Pantau Kesehatan Lansia, LKC-DD NTT Gelar Senam Sehat Lansia dan Pemeriksaan Kesehatan di Desa Oebelo, NTT

localhost/lkc, NTT – Sehat merupakan sesuatu yang berharga bagi manusia, untuk meemperoleh kesehatan itu bisa dengan berbagai macam cara, salah satunya adalah dengan aktif bergerak dan melakukan cek kesehatan secara rutin.

Kali ini LKC (Layanan Kesehatan Cuma-Cuma) Dompet Dhuafa NTT (Nusa Tenggara Timur)  menggelar cek kesehatan di wilayah Posyandu Lansia Dahlia 2, Desa Oebelo, Kecamatan Kupang Tengah, Kabupaten Kupang, NTT, (15/01).

Rasyidah Awaliah Saputri selaku Project Officer Program LKC Dompet Dhuafa NTT menjelaskan kegiatan ini diikuti oleh para lansia yang terdaftar di Posyandu Lansia Dahlia 2, Staf Pustu (Puskesmas Pembantu) Oebelo dan masyarakat sekitar posyandu.

“Kegiatan yang dilaksanakan diantaranya ada senam jantung sehat yang diikuti oleh lansia yang terdaftar di Posyandu Lansia Dahlia 2, Staf Pustu Oebelo dan masyarakat sekitar posyandu. Setelah senam kemudian dilanjutkan dengan pemeriksaan tekanan darah dan aktivitas rutin posyandu lansia seperti penimbangan berat badan, pengukuran lingkar perut dan konsultasi terkait keluhan yang dirasakan oleh para lansia serta pemberian obat oleh Pustu, selain bekerja sama dengan Pustu Oebelo, kita juga bekerja sama dengan Kader Posyandu setempat, semua rangkaian kegiatan kita laksanakan dengan protokol kesehatan yang berlaku, seperti memakai masker dan menjaga jarak aman” ujar Rasyidah.

Rasyidah mengatakan kali ini ada sekitar tiga puluh delapan lansia yang mendapatkan layanan pemeriksaan kesehatan.

Masyarakat mengaku senang dan berterima kasih dengan adanya kegiatan senam serta pemeriksaan kesehatan di wilayahnya.

“Terima kasih banyak karena su jauh-jauh datang untuk periksa kami di Oebelo,” ungkap Felix Porto (51) yang telah menerima manfaat dalam kegiatan kali ini.

Selain Felix, ada juga Hamida Tillla (52) penerima manfaat yang mengungkapkan rasa syukur karena ada pemeriksaan yang dilakukan oleh LKC.

“Sangat bersyukur ada pemeriksaan tambahan dari LKC, sehingga kami bisa mengetahui kadar gula darah, asam urat dan kolesterol. Karena pemeriksaan ini kami jadi tahu berapa hasil gula darah, asam urat dan kolesterol, agar kami bisa mengontrol konsumsi makanan kami” kata Hamida.

Rasyidah menjelaskan bahwa hipertensi sering disebut sebagai silent killer alias pembunuh diam-diam. Pasalnya, hipertensi kerap tidak menunjukkan gejala pada penderitanya, tetapi bisa berujung fatal.

“Banyak orang yang jarang mengecek tekanan darah, sehingga tak tahu bahwa dirinya memiliki hipertensi. Bahkan, tidak sedikit pula yang belum menyadari pentingnya manfaat cek tekanan darah dalam tubuh kita” jelas Rasyidah.

Sacia Oliveira selaku perwakilan Pustu Oebelo mengungkapkan rasa terima kasihnya karena telah bersama-sama memberikan layanan kepada para lansia di Oebelo.