Berita Terbaru

LKC Dompet Dhuafa NTB dan Kimia Farma Gelar Deklarasi Dusun ODF (Open Defecation Free)

localhost/lkc, NTB – Memperingati Hari Kesehatan Nasional yang ke-56 Layanan Kesehatan Cuma-Cuma (LKC) Dompet Dhuafa Nusa Tenggara Barat (NTB) bersama dengan Kimia Farma melalui Program Klinik Apung dan Kawasan Sehat mengadakan kegiatan Deklarasi Dusun ODF (Open Defecation Free) atau Stop Buang Air Besar sembarangan di Dusun Labuan Cenik, Desa Gili Gede Indah, NTB, (25/11).

Kegiatan ini dihadiri oleh Project Manager Program LKC Dompet Dhuafa NTB, Manager Bisnis Kimia Farma Mataram, Kepala Puskesmas Pelangan, Kapolsek Sekotong Barat, Perwakilan Camat Sekotong, Babinsa, Babinkamtibmas, Perwakilan desa, kepala dusun, PKK dan juga  kader kesehatan serta masyarakat Labuan Cenik dan sekitarnya.

Ummi K Muhammad selaku Project Manager program LKC Dompet Dhuafa NTB menyatakan Deklarasi Dusun ODF adalah satu capaian dari indikator sanitasi Program Kawasan Sehat.

“Sebelum adanya Program Kawasan Sehat, dari total 56 kepala keluarga di wilayah ini, yang memiliki akses jamban hanya 20 kk atau sekitar 35%, Alhamdulillah berkat dukungan dari Kimia Farma dan adanya kesadaran masyarakat untuk merubah perilaku, selama 4 bulan dilakukan pendampingan, berhasil terbangun 26 jamban sehat keluarga. Semoga dengan perbaikan sanitasi ini salah satu penyebab masalah Stunting bisa teratasi dan fokus kedepannya adalah perbaikan gizi serta pola asuh anak,” ujar Ummi.

Gema Yulan Dahnis, S.Farm., Apt selaku manager Bisnis Kimia Farma dalam sambutannya berharap Program Klinik Apung yang dilakukan bersama dengan Dompet Dhuafa ini dapat membantu masyarakat untuk mengakses layanan pengobatan.

“Semoga program ini dapat dijadikan fasilitas layanan pertama sebelum masyarakat mendapat layanan lanjutan atau rujukan, kemudian melalui program promotif dan preventis yang dijalankan ini dapat membuat masyarakat di Desa Gili Gede Indah menjadi lebih sehat,”ungkap Gema.

Pada kesempatan kali ini juga Zulqutbi, S.Kep selaku Kepala Puskesmas Palangan dalam sambutannya memberikan apresiasi kepada LKC Dompet Dhuafa dan semua mitra yang terlibat karena telah menjadi bagian dalam upaya meningkatkan kesehatan masyarakat di Desa Gili Gede Indah.

“Kami mengapresiasi sekali LKC Dompet Duafa dan Kimia Farma serta mitra lainnya yang terlibat, karena telah menjadi bagian dalam upaya meningkatakan kesehatan masyarakat di Desa Gili Gede Indah, dan kami juga menghimbau masyarakat untuk selalu menerapkan protokol Covid-19,” ucap Zulqutbi.

Ummi menjelaskan Deklarasi Dusun ODF ini juga dimeriahkan dengan kegiatan senam sehat, aksi bersih pantai, pemberian bibit tanaman sayur dan buah, kemudian diakhiri dengan Aksi Layanan Sehat yang berupa pengobatan gratis.

“Semua pelaksaan kegiatan ini mulai dari Deklarasi Kampung ODF, Senam Sehat, Aksi Bersih Pantai, Pemberian Bibit Tanaman Sayur dan Buah serta Aksi Layanan Sehat didukung oleh sejumlah pihak, diantaranya Kimia Farma, Dompet Dhuafa Volunteer, KSR, dan SMK 2 Sekotong. Tentunya dengan tetap menerapkan Protokol Covid-19, dengan menggunakan masker, jaga jarak dan dipantau juga oleh tim keamanan Babinsa dan Babainkamtibmas,” pungkas Ummi.