Berita Terbaru

Deteksi Dini Kanker Seviks, LKC-DD Banten Gelar Pemeriksaan IVA Test di Gowok dan Ciwaru

Kanker serviks adalah satu dari sekian banyak jenis kanker yang kerap menyerang wanita. Dengan melakukan deteksi sejak dini, peluang kesembuhan kanker serviks dapat meningkat. Dalam upaya melakukan deteksi kanker serviks sejak dini, Layanan Kesehatan Cuma-Cuma (LKC) Dompet Dhuafa Banten menggelar pemeriksaan IVA Test (Infeksi Visual Asetat) di Kampung Gowok dan Kampung Ciwaru, Serang, Banten pada hari Rabu, 29 Desember 2021.

Pemeriksaan kali ini merupakan salah satu program kawasan sehat yang ada di wilayah LKC-DD Banten, tepatnya di dua lokasi tersebut.

Rini selaku Penanggung Jawab Program Kawasan Sehat menjelaskan kegiatan yang digelar hari ini mendapatkan atensi yang luar biasa dari warga sekitar.

“Kegiatan ini merupakan salah satu cara untuk mendeteksi dini kanker serviks, Alhamdulillah kegiatan ini bisa berlangsung di kawasan sehat Gowok dan Ciwaru. Kegiatan yang diikuti oleh mayoritas ibu-ibu ini mendapatkan tanggapan yang baik, ibu-ibu yang mengikuti kegiatan ini sangat antusias sekali untuk melakukan pemeriksaan kesehatan dirinya terkait kanker serviks ini,” ujar Rini.

Penyelenggaraan pemeriksaan IVA Test ini mentargetkan 50 peserta, namun karena keterbatasan waktu, hanya 25 peserta yang berhasil diperiksa.

“Sebenarnya target dari kegiatan ini adalah 50 peserta, namun karena kekurangan waktu, jadi hanya diikuti 25 peserta. Harapannya di kegiatan berikutnya, mudah-mudahan banyak ibu-ibu yang mau memeriksa atau mendeteksi kesehatannya tentang kanker serviks ini,” tutur Rini.

Kegiatan pemeriksaan kali ini dilakukan oleh bidan dari tim LKC-DD yang sudah mendapatkan sertifikasi pelatihan IVA Test. Romlah, salah seorang peserta yang datang untuk melakukan pemeriksaan hari ini mengungkapkan perasaan senangnya ketika sudah diperiksa oleh tim LKC-DD.

“Saya merasa senang setelah diperiksa, kondisi leher rahim saya sehat kata bu bidan. Sebelumnya saya khawatir akan sakit saat pemeriksaan ini, namun Alhamdulillah tidak berasa apa-apa. Terima kasih ibu bidan dan tim LKC,” kata Romlah.

Leave A Comment

Your Comment
All comments are held for moderation.