Subhanallah, Zakat Dapat Memanjangkan Umur dan Menyehatkan Fisik

Setiap Ramadan menjelang, zakat dan sedekah adalah hal yang rutin dilakukan. Sedekah di bulan Ramadan memiliki nilai lebih bagi umat muslim. Karena pahala sedekah di bulan puasa memiliki pahala yang berlipat ganda.

Namun, tahukah Anda bahwa ternyata zakat dan sedekah berpengaruh baik terhadap kesehatan dan memanjangkan umur?

Pertama-tama, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda bahwa zakat ataupun sedekah dapat berpengaruh pada kesehatan.

“Bentengilah hartamu dengan zakat, obati orang-orang sakit (dari kalanganmu) dengan bersedekah dan persiapkan doa untuk menghadapi datangnya bencana.” (HR Thabrani).

Selanjutnya temuan itu diperkuat oleh penelitian Profesor dari Harvard, Michael Norton dan Elizabeth Dunn. Mereka melakukan penelitian dengan membandingkan orang-orang yang membagikan hartanya kepada orang lain dengan orang-orang yang hanya membelanjakan hartanya untuk diri sendiri.

Hasilnya, para sampel penelitian yang membagikan hartanya pada orang lain terbukti lebih bahagia dan lebih sehat secara mental serta lebih panjang umur.

Hal ini disebabkan karena  nucleus accumbens–wilayah di otak. Penelitian tersebut menunjukkan bahwa ketika peserta menyumbangkan uangnya (dalam hal ini zakat dan sedekah), aktivitas di nucleus accumbens melonjak. Wilayah otak ini diaktifkan oleh dopamine (yang mempromosikan keinginan) dan serotonin (yang mendorong rasa nyaman dan senang).

Selain itu, perilaku zakat dan sedekah ini melepaskan hormon endorfin dan oksitosin. Kedua hormon ini berpengaruh pada kebahagiaan, kekebalan tubuh, serta membantu proses persalinan.

Bagi kesehatan jiwa sendiri, para pakar psikologi dan neurosains bersepakat bahwa kebiasaan memberi berkontribusi besar dalam membangkitkan perasaan bersyukur seseorang. Seperti yang kita ketahui, orang yang selalu bersyukur akan memiliki mentalitas yang kuat dalam menjalani hidup.

Penelitian lainnya dari Ashley Williams juga menemukan bahwa perilaku menyisihkan sebagian harta untuk orang lain ini dapat mencegah penyakit jantung dan menurunkan tekanan darah.

Lebih dari itu, bersedekah juga ternyata dapat menyembuhkan penyakit kronis dan sulit disembuhkan. Dalam buku Why Good Things Happen to Good People, Stephen Post, seorang profesor dari Universitas Stony Brook melaporkan bahwa kebiasaan bersedekah ataupun berzakat telah terbukti meningkatkan manfaat kesehatan pada penderita

Tags: , , , ,

Leave a Reply

KANTOR PUSAT LKC – LAYANAN KESEHATAN CUMA CUMA

Gedung LKC
Ciputat Mega Mal Blok D-01
Jl. Ir. H. Juanda No 34
Ciputat 15414

Telp.        : 021 – 7416262
Fax.         : 021 – 7416171
Website  : lkc.dompetdhuafa.org

HOTLINE KERJASAMA

  • Santi Deliani,
    [0878-8123-6630(Whatsapp)]

Nomor Rekening Donasi

Bank Mandiri BNI Syariah Bank Central AsiaBank Muamalat

KANTOR PUSAT LKC

Gedung LKC
Ciputat Mega Mal Blok D-01
Jl. Ir. H. Juanda No 34
Ciputat 15414

Telp.        : 021 – 7416262
Fax.         : 021 – 7416171
Website  : lkc.dompetdhuafa.org