081-808-944-888 layandonatur@lkc.or.id

Program

Program – Program LKC Dompet Dhuafa

Saat ini LKC Dompet Dhuafa berusaha dan akan terus menjalankan perannya ikut serta bersama elemen bangsa lainnya memberi alternatif solusi atas permasalahan kesehatan kaum miskin. Lembaga nirlaba ini bertekad memecahkan masalah tanpa menimbulkan masalah baru. LKC telah menjadi model yang melibatkan partisipasi aktif seluruh masyarakat secara komprehensif meliputi :

Promosi Kesehatan (mengedukasi masyarakat untuk peduli terhadap kesehatan diri dan lingkungannya, melalui berbagai pendekatan kampanye pentingnya PHBS/Pola Hidup Bersih Sehat, seperti Cuci tangan pakai sabun, Gerakan kembali ke ASI, kampanye anti tembakau, kampanye kesehatan reproduksi, STBM atau Sanitasi Total berbasis Masyarakat dll)

Preventif (pencegahan penyakit dengan deteksi dini/skreening penyakit tidak menular dan pengelolaan pertamanya misalnya deteksi Gula darah, jika ditemukan Diabetes dikelola untuk kontrolnya, sehingga tidak jatuh ke komplikasi yang berat, diharapkan tidak sampai hemodialisa, diajarkan senam kaki dst. Untuk asma diajarkan dan dibuatkan kelompok senam asma sehingga angka kekambuhannya menurun. Untuk kanker telah dilakukan IVA test pada penerima manfaat sebagai deteksi dini kanker leher rahim dsb)

Kuratif (upaya pengobatan dari tingkat PPK I di Gerai Sehat hingga rujukan di RS Rumah Sehat Terpadu Dompet Dhuafa atau Mitra lainnya). Untuk Pelayanan Kesehatan Tingkat Pertama, LKC mempunyai beberapa klinik tingkat pertama yang disebut Gerai Sehat diantaranya

Gerai Sehat Aceh
Gerai Sehat Palembang*)
Gerai Sehat Ciputat*)
Gerai Sehat Rorotan Jakarta Utara
Gerai Sehat Bekasi
Gerai Sehat Tambun
Gerai Sehat Purwokerto
Gerai Sehat Yogya
Gerai Sehat Makasar
Layanan Kesehatan Thibun Nabawi DD Balikpapan
Gerai Sehat Makasar
Gerai Sehat Kupang*)
Layanan kesehatan kerjasama dengan MHC Abepura Papua

Keterangan : *) Telah menjadi provider BPJS

Peta Sebaran LKC (Gerai Sehat) Cabang di Indonesia

2__program-layanan-kesehatan__fa-01

Selain melayani pasien peserta BPJS Kesehatan, hingga saat ini LKC Dompet Dhuafa telah mengcover 60.000 KK atau setara dengan 300 ribu jiwa untuk berobat secara gratis melalui Gerai LKC Dompet Dhuafa Ciputat dan cabang lainnya.

Jenis Pelayanan Kesehatan di Gerai Sehat LKC (Klinik) sebagai PPK 1 atau fasilitas pelayanan primer adalah :
1. Layanan Poli Umum
2. Layanan Poli Gigi
3. Layanan Poli KIA (kesehatan Ibu dan Anak)
4. Layanan Poli Gizi
5. Layanan Laboratorium
6. Layanan Depo Farmasi
7. Layanan Poli Tuberkulosis (TB) dengan strategi DOTS TB
8. Layanan Terpadu Diabetes Mellitus
9. Layanan Klinik Laktasi
10. Layanan Unit Gawat Darurat (UGD)
11. Layanan Ambulance

Rehabilitasi (pengurangan hendaya dari suatu komplikasi atau kecacatan akibat penyakit atau kelainan sejak dini, seperti upaya pemberian kaki palsu, Operasi katarak dll)

Pemberdayaan Masyarakat di Bidang Kesehatan : LKC menginisiasi gerakan UKBM-Upaya Kesehatan Berbasis Masyarakat bernama Pos Sehat. Pos Sehat yang didirikan di Kantor RW, Masjid maupun Pondok Pesantren merupakan tempat bertemunya donator atau mitra, relawan atau kader dengan penerima manfaat. Pos Sehat bagi LKC adalah garda depan dalam promosi kesehatan dan upaya kesehatan preventif.

Penggalangan relawan yang peduli atas pembangunan kesehatan masyarakat tak terbatas pada kader Pos Sehat saja tetapi juga menyediakan ruang dan kesempatan bagi para Dokter Spesialis yang ingin mewakafkan ilmu dan waktunya bagi para penerima manfaat terutama dhuafa melalui Gerai Sehat maupun program lainnya. sampai saat ini telah tercatat 50an dokter spesialis tergabung didalamnya.

Kerjasama Kemitraan bagi Program CSR Perusahaan-Perusahaan untuk terlibat dalam pembangunan kesehatan, seperti dengan PT PPA membiayai operasi berat beberapa pasien, bersama PT Exxon Indonesia mempersiapkan klinik BKPM dan klinik BKJM tahun 2007 di Aceh Utara yang kemudian diserahkan kepada Dinas Kesehatan Kabupaten Aceh Utara, bersama PT KPC Sangatta Kaltim menggelar pelatihan kader TB, bersama PT TEP BUMN Thailand membangun Klinik Pratama dan Sentra Promosi Kesehatan “Gerai Sehat Rorotan” Jakarta Utara diresmikan di bulan Mei 2015, Program pemberdayaan kesehatan kawasan pemulung bersama Danone dan Aksi Layanan Sehat dipelosok banten bersama Indosat. Serta berbagai program kemitraan lain yang di sesuaikan dengan kebutuhan masyarakat dan direncanakan oleh pihak mitra sendiri.

Gerakan Kesehatan Tematik :LKC telah dipercaya oleh GF-ATM melalui Subdit TB Kemenkes untuk menjalankan program TB Komunitas dan pelayanan pengobatan TB sesuai strategi DOTS (Drug Observed Treatment, Short-course)

LKC mendorong berdirinya Komnas Kusta untuk menggalangan dukungan semua pihak peduli akan penghapusan diskriminasi terhadap penyandang kusta juga akan beberapa hak lainnya.

LKC sebagai bagian Keluarga Besar Kesehatan DD juga terlibat dalam penggalangan kepedulian akan percepatan pembangunan kesehatan masyarakat melalui IHO (Indonesia Health Outlook) dan wadah IHI (Indonesian Health Inisiative). Dalam IHI telah tergabung belasan tokoh kesehatan masyarakat berikut lembaga dan beberapa gabungan asosiasi pelaku usaha yang berkaitan dengan makanan.

Penanganan Krisis Kesehatan : LKC bersama DMC (Jejaring kebencanaan Dompet Dhuafa) dan berbagai lembaga lain hampir selalu turun dalam program Aksi Layan Sehat (ALS) dan Aksi Tanggab Bencana (Sigab) yang telah membantu ratusan ribu masyarakat diberbagai wilayah baik di dalam maupun luar negeri seperti, Bencana Tsunami Aceh 2005, gempa Jogja 2006, Banjir di Jabodetabek, Banjir di Bojonegoro, Nias, Mentawai, Longsor Banjarnegara 2014, ALS di Hongkong, Suriah, Thailand, Nepal dll.