Perlu Diingatkan

Ketika (mohon maaf) kita sedang BAB (buang air besar) di dalam kamar mandi pada pagi hari, seringkali kita betah berlama-lama di dalamnya. Ada yang dibarengi dengan sambil membaca koran, sambil sikat gigi atau bahkan sambil melanjutkan tidur yang belum tuntas. Terasa nyaman dan tidak tercium bau apapun, sehingga nikmat sekali rasanya  dan betah berlama-lama.

Di luar kamar mandi, ada saudara-saudara kita, istri/suami, anak-anak atau bahkan orangtua yang merasa tidak nyaman sekali di karenakan selain menunggu antrian yang cukup lama juga tercium bau yang tidak sedap dari arah dalam kamar mandi. Sehingga dengan spontan seringkali menggedor-gedor pintu kamar mandi sambil berteriak, “Buuruuaann dong ! Gantian dong ! Siram dong bau banget nich !”.

Tentunya, respon kita yang mendengar teriakan itu bermacam-macam, diantaranya

1. Kita akan cuek aja, tidak mempedulikan teriakan itu, atau bahkan menggerutu sambil berucap, “Mengganggu saja, orang lagi enak koq. Di sini nggak bau apa apa koq.” Dan akhirnya tetap bertahan berlama-lama untuk menuntaskan kenikmatan kita.

2. Kita akan mengatakan, “Iya, iya…… sebentar lagi nih.” Tetapi kita tidak melakukan apa-apa, hanya menjawab saja dan akhirnya tetap juga berlama-lama untuk menuntaskan keasyikan kita.

3. Kita akan segera menyiram air agar bau yang tercium dari luar bisa berkurang, tetapi  berkata’ “Iya nih sudah disiram, tapi sebentar lagi yah.” Dan akhirnya tetap juga berlama-lama untuk  meneruskan membaca kolom di koran yang belum selesai.

4. Kita berkata, “Iya sudah mau selesai, disiram dulu yah”, dan akhirnya kita menyiram air dengan segera, bersih-bersih dan menyelesaikan kenikmatan kita untuk bisa segera bergantian dengan yang lain untuk menggunakan kamar mandi.

Sahabat, itulah beberapa bentuk respon orang yang apabila mendapatkan teguran, nasehat dan  diingatkan ketika dalam kondisi yang sebenarnya tidak baik tapi sudah merasa cukup baik dan nyaman.  Seringkali kita merasa aman dan baik-baik saja ketika berada dalam suatu posisi atau kedudukan yang cukup lama dan sudah merasa ahli atau mampu melakukan dengan baik.

Idealnya, ketika mendapatkan teguran atau diingatkan oleh siapa pun (seperti atasan, bawahan, istri/suami dan sahabat) respon kita adalah :

1. Dengarkan dengan baik-baik apa yang diingatkan untuk kita

2. Bertindak segera untuk memperbaiki atau menyempurnakan apa saja yang memang tidak baik yang ada dalam diri kita

3. Terus berusaha untuk meningkatkan kapasitas diri dengan cara melakukan dan mendengarkan apa saja yang telah diingatkan untuk kita setiap saat dan setiap tempat

4.   Ucapkan terima kasih kepada yang mengingatkan kita dan mintalah terus menjadi sahabat yang setia mengingatkan diri kita  di setiap saat dan setiap tempat

Sesungguhnya kita adalah makhluk ciptaan-Nya yang memiliki sifat lemah yang amat banyak seperti sering lupa, lalai, khilaf, sombong, kikir, egois dan cepat puas ditambah syetan yang menggoda kita dari segala arah dan berbagai cara, menjerumuskan kita ke dalam kehidupan yang hina dan nista di hadapan Yang Maha Kuasa, tetapi dirasa indah dan mempesona di mata manusia dan diri kita.

Ternyata, memang kita perlu diingatkan setiap saat dan setiap waktu untuk peningkatan kapasitas diri kita. Dan keputusan untuk memanfaatkan setiap pengingat yang datang kepada kita adalah kembali kepada diri kita.

Fastabiqul Khoir, Manjadda wa jada, Manshobaro zafira

Disusun oleh dr. Yahmin Setiawan, MARS

Tags: ,

Leave a Reply

KANTOR PUSAT LKC – LAYANAN KESEHATAN CUMA CUMA

Gedung LKC
Ciputat Mega Mal Blok D-01
Jl. Ir. H. Juanda No 34
Ciputat 15414

Telp.        : 021 – 7416262
Fax.         : 021 – 7416171
Website  : lkc.dompetdhuafa.org

HOTLINE KERJASAMA

  • Santi Deliani,
    [0878-8123-6630(Whatsapp)]

Nomor Rekening Donasi

Bank Mandiri BNI Syariah Bank Central AsiaBank Muamalat

KANTOR PUSAT LKC

Gedung LKC
Ciputat Mega Mal Blok D-01
Jl. Ir. H. Juanda No 34
Ciputat 15414

Telp.        : 021 – 7416262
Fax.         : 021 – 7416171
Website  : lkc.dompetdhuafa.org