Nilai

Suatu masa ada seorang guru yang sedang mengajar di kelas dengan beberapa muridnya, beliau mengeluarkan uang kertas Rp 100.000,00 dan menunjukkan kepada seluruh muridnya serta berkata, “Siapa di antara kalian yang menginginkan uang 100 ribu ini angkat tangan ?”. Serentak hampir seluruh muridnya mengangkat tangan dan berteriak, “Maaauuu…….!!!”

Kemudian guru tersebut melipat-lipat dan meremas-remas uang kerta Rp 100.000,00 tersebut sehingga bentuk kertasnya menjadi jelek. “Siapa di antara kalian yang  masih menginginkan uang 100 ribu ini angkat tangan ?”, kata guru tersebut sambil tetap menunjukkan uangtersebut. Ternyata hampir seluruh muridnya mengangkat tangan dan berteriak, “Masih mmmaaauuu paaakkk…….!!!”

Dan kemudian guru tersebut menginjak uang kerta Rp 100.000,00 tersebut dengan sepatunya sehingga bentuk kertasnya menjadi jelek dan kotor dengan tanah. Lalu beliau berkata lagi,“Siapa di antara kalian yang  masih menginginkan uang 100 ribu ini yang sudah jelek dan kotor,silahkan angkat tangan ?”, sambil tetap menunjukkan uang tersebut kepada seluruh muridnya. Ternyata masih hampir seluruh muridnya mengangkat tangan dan berteriak, “Masih mmmaaauuu paaakkk…….!!!”

“Kenapa kalian masih menginginkan uang ini,kanbentuknya sudah jelek dan kotor ?”,bertanya guru tersebut kepada muridnya. Budi yang duduk dibagian depan dengan lugas menjawab,”Karena nilainyakanmasih 100 ribu. Masih laku untuk membeli di toko dan pasar pak.”

Sahabat, itulah NILAI yang akan tetap berNILAI walau dalam keadaan dan waktu apapun. Kita seharusnya juga berNILAI dalam keadaan senang atau sedih, lapang atau sempit, mudah atau sulit, bagus atau jelek, dan mood atau tidak mood. Kita juga seharusnya tetap berNILAI ketika ada di rumah, di kantor, di pasar, dan di lingkungan sekitar kita. Intinya, NILAI kita akan selalu berNILAI selama hidup kita.

Sahabat, NILAI kita amatlah tergantung dari diri kita dalam menjaga, melaksanakan dan meningkatkan taqwa dan akhlaq kita. Taqwa, jelas dalam wujud selalu beribadah untuk dan karena ALLAH SWT. Akhlaq, jelas dalam wujud melaksanakan nilai-nilai dan norma baik yang meneladani Rasulullah SAW.

Sehingga pada akhirnya, kita akan tetap berNILAI setiap detik, menit, jam, hari, pekan, bulan dan tahun dalam kehidupan kita sampai nanti ALLAH SWT mencabut nikmat hidup kita di dunia. Ancaman, hambatan, ujian, rintangan, peluang, kesempatan, kemudahan dan kebaikan akan semakin menguatkan NILAI kita di mata manusia, dan yang lebih utama adalah di hadapan Yang Maha Kuasa.

Fastabiqul Khoirot

Manjadda wa jada

Manshobaro zafira

Ditulis oleh dr.Yahmin Setiawan,MARS (Direktur LKC Dompet Dhuafa)

Tags: ,

Leave a Reply

KANTOR PUSAT LKC – LAYANAN KESEHATAN CUMA CUMA

Gedung LKC
Ciputat Mega Mal Blok D-01
Jl. Ir. H. Juanda No 34
Ciputat 15414

Telp.        : 021 – 7416262
Fax.         : 021 – 7416171
Website  : lkc.dompetdhuafa.org

HOTLINE KERJASAMA

  • Santi Deliani,
    [+62 21 7416262(Whatsapp)]

Nomor Rekening Donasi

Bank Mandiri BNI Syariah Bank Central AsiaBank Muamalat

KANTOR PUSAT LKC

Gedung LKC
Ciputat Mega Mal Blok D-01
Jl. Ir. H. Juanda No 34
Ciputat 15414

Telp.        : 021 – 7416262
Fax.         : 021 – 7416171
Website  : lkc.dompetdhuafa.org