LKC PAPUA

LKC Dompet Dhuafa Papua

Jalan Gerilyawan No. 96
Kelurahan Awiyo, Kota Jayapura
Waktu operasional pukul 19.00 – 21.00 WIT

LKC (Layanan Kesehatan Cuma-Cuma) Dompet Dhuafa adalah lembaga nirlaba yang memberikan pelayanan kesehatan Cuma-Cuma bagi kaum dhuafa secara paripurna sejak tahun 2001. Di akhir 2013, LKC DD memperluas layanannya di provinsi Papua melalui kerja sama kinik, pengembangan program preventif promotif (Aksi Layanan Sehat/Pengobatan gratis) dan optimalisasi peran kader sehat. Pelayanan diberikan dalam sistem kepesertaan dimana dana operasional LKC DD berasal dari zakat, infak dan sedekah masyarakat. LKC DD Cabang Papua berdiri dan bemulai beroperasional di bulan Mei 2014. Dan pada tanggal 30 Agustus 2014, Walikota Jayapura Dr. Benhur Tomi Mano, MM bersama Presiden Direktur Ahmad meresmikan Kantor Layanan Kesehatan Cuma-Cuma (LKC)  Dompet Dhuafa (DD) Cabang Papua.

LKC DD Papua sebagai salah satu lembaga yang berfokus terhadap upaya preventif dan promotif, namun tetap memberikan pelayanan kuratif (pengobatan) untuk masyarakat miskin dan marginal di Kota Jayapura. Pada tahun 2014- 2016 Pelayanan tersebut dapat diakses di Gerai Sehat kerjasama dengan Muhammadiyah Health Center (MHC) yang beralamat di Jalan Gerilyawan No. 96 Kelurahan Awiyo, Kota Jayapura dengan waktu operasional pukul 19.00 – 21.00 WIT.

Seiring dengan perkembangan program kesehatan LKC DD Cabang Papua, pada tahun 2017 KC DD Cabang Papua mendirikan Gerai Sehat yang lebih terpadu karena memberikan pelayanan kesehatan yang lebih beragam. Saat ini Gerai Sehat LKC DD Cabang Papua tengah mengembangkan tidak hanya poli umum, tetapi juga poli kebidanan,poli gigi, laboratorium, perawatan luka, konseling laktasi dan skrining kesehatan keluarga member.

Dalam pelayanan promotif dan preventif, tim program LKC DD Papua lebih dinamis karena selalu mobilisasi ke tempat sasaran program sesuai dengan timeline program. Program yang difokuskan adalah program kawasan dan program unggulan.

Program kawasan mencakup wilayah di distrik Kawasan LKC DD Papua meliputi 8 kelurahan dan 3 kampung di Distrik Abepura dengan total jumlah penduduk sebanyak 77.570 jiwa . Namun untuk kelurahan yang masih dapat menjangkau gerai dalam jarak yang cukup dekat hanya beberapa kelurahan seperti kelurahan Asano (7.842), Abepantai (2.957), Awiyo (12.776), Yobe (7.876), Wai mhorock (9.891) Kampung Nafri ( 1.422). Jumlah penduduk dari 5 kelurahan tersebut adalah 42.764 jiwa. ( Data BPS Kota Jayapura, 2013)

Sementara Program Unggulan Anak Indonesia Sehat, LKC DD Cabang Papua membina 20 Sekolah Dasar di Kota Jayapura untuk menjadi sekolah sehat percontohan dengan tujuan akhir meningkatkan status tumbuh kembang anak usia sekolah.

Sedangkan Program Unggulan Kesehatan reproduksi, LKC DD Cabang Papua membina 8 SMA- Sederajat di Kota Jayapura guna melibatkan remaja dalam memberikan edukasi dan kampanye terkait kesehatan reproduksi.

Dalam pelaksanaan program, LKC DD Cabang Papua bekerjasama dengan banyak pihak, baik dari pemerintah maupun lembaga lain yang terkait. Adapun mitra LKC DD Cabang Papua sebagai berikut: Dinas Kesehatan Kota Jayapura, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Jayapura, KPA Kota Jayapura, BNN Provinsi Papua, BNN Kabupaten Jayapura, PKBI Provinsi Papua,PKBI Kota Jayapura,  13 Puskesmas di Kota Jayapura, Laboratorium Fakultas MIPA, Universitas Cenderawasih, RRI Kota Jayapura, PKBI, Youth Forum Papua, Mall Abepura dan tokoh-tokoh yang menjadi relawan LKC DD Cabang Papua.

fb instagram-icon-vector-logo

Berita LKC Regional Papua