LKC Dompet Dhuafa dan Indosat Layani Kesehatan Korban Banjir Cilegon

Cilegon–Banjir sebagai akibat guyuran hujan yang menimpa kota Cilegon, akhir April ini menyebabkan ratusan rumah terendam serta sekitar 6000 orang diungsikan. Melihat bencana ini, LKC Dompet Dhuafa Janten (Jakarta-Banten) turut serta dalam memberikan bantuan dan santunan kepada korban bencana tersebut.

Bantuan dan Santunan itu berbentuk Aksi Layanan Sehat (ALS) dalam Program Moniksat (Mobil Klinik Indosat) di Desa Kedaleman, Cilegon, Sabtu pagi (28/04). Program ini adalah hasil kerjasama antara LKC Dompet Dhuafa dan Indosat untuk menjemput permasalahan-permasalahan masyarakat di sekitaran wilayah Banten.

Kegiatan dari ALS ini meliputi penyuluhan kesehatan, pelayanan kesehatan, dan pemberian paket kebersihan. Penyuluhan ini terdiri atas praktek Prilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) untuk anak-anak dan dewasa. Selain dari itu, penyuluhan kesehatan ini juga diikuti dengan pemberian pemahaman mengenai penyakit-penyakit yang disebabkan oleh banjir.

Sedangkan pelayanan kesehatan terdiri atas pemeriksaan kesehatan dan pengobatan. Pemberian paket kebersihan yang terdiri pasta dan sikat gigi, serta sabun.

Kegiatan yang diikuti oleh 128 orang ini diharapkan dapat membantu warga, juga untuk menghindarkan para warga dari penyakit-penyakit yang disebabkan oleh banjir. Filly Muhana, selaku penanggung jawab kegiatan menuturkan bahwa kegiatan ini juga dapat meningkatkan kesedaran dan pengetahuan warga akan perilaku hidup bersih.

“Banjir dapat menyebabkan timbulnya macam-macam penyakit yang disebabkan buruknya sanitasi, karena itu kami (LKC Dompet Dhuafa) berniat meminimalisir penyebab dari penyakit-penyakit tersebut,” tutur Filly.

Salah seorang warga yang ikut kegiatan ini, Purnarejo Ihsan menuturkan bagaimana kegiatan ini dapat memberikannya pemahaman mengenai penyakit-penyakit yang disebabkan oleh banjir.

“Setidaknya LKC Dompet Dhuafa hadir untuk meringankan beban-beban kami, khususnya yang berhubungan dengan kesehatan lah,” paparnya.

 

Tags: , ,

Leave a Reply

KANTOR PUSAT LKC – LAYANAN KESEHATAN CUMA CUMA

Gedung LKC
Ciputat Mega Mal Blok D-01
Jl. Ir. H. Juanda No 34
Ciputat 15414

Telp.        : 021 – 7416262
Fax.         : 021 – 7416171
Website  : lkc.dompetdhuafa.org

HOTLINE KERJASAMA

  • Santi Deliani,
    [0878-8123-6630(Whatsapp)]

Nomor Rekening Donasi

Bank Mandiri BNI Syariah Bank Central AsiaBank Muamalat

KANTOR PUSAT LKC

Gedung LKC
Ciputat Mega Mal Blok D-01
Jl. Ir. H. Juanda No 34
Ciputat 15414

Telp.        : 021 – 7416262
Fax.         : 021 – 7416171
Website  : lkc.dompetdhuafa.org