LKC ACEH

LKC Dompet Dhuafa Aceh

Jl. T. Imuem Lueng Bata No. 61C
Kelurahan Lamseupeung
Kecamatan Lueng Bata
Banda Aceh
Telp : 0651-34122
Email :
lkc.dompetdhuafaaceh@gmail.com

Layanan Kesehatan Cuma-Cuma (LKC) merupakan lembaga non profit jejaring Dompet Dhuafa khusus di bidang kesehatan yang melayani kaum dhuafa secara paripurna melalui pengelolaan dana sosial masyarakat (ZISWAF- Zakat, Infak, Sedekah dan Wakaf) dan dana sosial perusahaan. LKC memberikan pelayanan kesehatan secara cuma-cuma kepada peserta (member) yang telah terverifikasi. Di mana setiap calon penerima manfaat mendaftar ke LKC dan kemudian disurvey oleh tim survey.
LKC adalah Layanan Kesehatan Cuma-Cuma yang berkhidmat pada kesehatan kaum dhuafa. Keberadaannya berawal dari tekad Dompet Dhuafa (DD) untuk memberikan hak hidup sehat masyarakat dhuafa. Dibangunlah jejaring kesehatan sebagai wujud nyata harapan masyarakat dhuafa.
LKC memberikan layanan dalam gedung bersifat kuratif. Selain itu LKC DD memberikan layanan luar gedung bersifat promotif dan preventif secara holistik, baik dalam bidang medis dan non medis. Untuk optimalisasi layanan LKC didukung kerja sama dengan operasional dengan rumah sakit lain yang mampu melakukan pelayanan medis 24 jam dan mobile-service.
LKC didanai oleh dana Zakat, Infaq/Shadaqah dan Waqaf (ZISWaf). Untuk menjaga ketepatan sasaran pendayagunaan dana, kami mengembangkan sistem kepesertaan (membership) bagi kaum dhuafa yang ingin berobat. Penentuannya melalui survei dan wawancara. Insya Allah dana ZISWaf bermanfaat strategis dalam memberdayakan dhuafa.

 

Sedangkan untuk wilayah Aceh Layanan Kesehatan Cuma – Cuma diresmikan pada tanggal 17 Juli 2012 oleh Wakil Walikota Banda Aceh Ibu Hj. Illiza Sa’aduddin djamal, SE. Dengan legalitas Keputusan Kepala Dinas Kesehatan Banda Aceh Nomor: 441/129 /SK / 2012. Sejak berdirinya LKC DD Aceh pada Juli 2012 angka penerima manfaat mencapai lebih dari 23.000 jiwa, LKC DD Aceh melayani khusunya masyarakat dhuafa kota banda aceh dan aceh besar, serta masyarakat provinsi aceh pada umumnya.

Wakil Walikota Banda Aceh Ibu Hj. Illiza Sa’aduddin Djamal, SE bersama muspida dan juga tokoh masyarakat Aceh saat menggunting pita peresmian Layanan Kesehatan Cuma-Cuma Dompet Dhuafa (LKC-DD) Aceh pada tanggal 17 Juli 2012 di Banda Aceh

Berita LKC Regional Aceh