Belajar Meraih Mimpi dari Petani

Mimpi . Sumber foto: rief-obye.blogspot.com

Setiap manusia selalu mempunyai keinginan untuk bisa mewujudkan segala impiannya menjadi sebuah kenyataan. Mengembangkan mimpi menjadi kenyataan ibarat petani yang ingin menanam tanaman pada musim tanam dan kemudian memetik hasilnya pada musim panen tiba.

Tentu saja proses-proses untuk mencapai kenyataan dari mimpi, ada beberapa proses yang harus kita lalui mengikuti hukum pertanian yaitu :

1. Pilihlah benih impian yang anda harapkan. Pikirkanlah dengan sungguh-sungguh apa yang akan anda isi untuk hidup anda di dunia ini. Pilihlah benih yang bisa menghasilkan tanaman yang berkualitas, bermanfaat, memiliki nilai jual tinggi dan memiliki harga yang mahal.

Berfikirlah kreatif untukmenentukan pilihan benih yang sesuai. Mimpi dan keinginan fikiran sebagai langkah awal membangun kenyataan dan mimpi hari ini akan menjadi kenyataan esok hari jika kita bersedia berkorban untuknya. Misalnya : kita bermimpi diwisuda pada program magister di Universitas Harvard dengan hasil cum laude, mimpi bertemu Alloh di syurga, mimpi naik haji dst

2. Persiapkan pikiran anda untuk menerima benih. Buatlah sketsa atau peta pikiran (mind mapping). Milikilah kebanggaan akan mimpi anda, abaikanlah fikiran kotor yang dapat mempengaruhi cita-cita anda. Persiapkanlah mental untuk membantu menumbuhkan impian yang hebat

3.Tanamlah benih impian anda dengan kuat. Mimpi anda akan menghasilkan sesuatu yang anda harapkan. Dan saat kita menanam jangan menunggu keadaaan sempurna dahulu karena dapat menyebabkan kita tidak memulainya.

4.Berilah pupuk impian anda dengan pupuk yang tepat karena motivasi itu selalu naik turun. Maka milikilah pupuk yang sesuai dengan tanaman cita-cita anda, misalnya : datanglah ke pameran rumah bila anda bermimpi untuk memiliki rumah, datanglah ke pameran mobil untuk memotivasi anda membeli mobil, dsb

5. Singkirkan rumput dan tanaman liar yang mengganggu tanaman utama anda. Seringkali impian kita terganggu dengan hal-hal baru yang memerlukan perhatian kita. Maka kita harus melakukan skala prioritas, mana kegiatan yang harus didahulukan. Kembangkan konsep dalam diri kita yaitu “dahulukan apa yang seharusnya didahulukan” pada saat yang tepat

6. Pusatkan energi anda. Satukan energi kita untuk mendapatkan motivasi agar kita mampu mengatasi ujian dan cobaan dan meyakini bahwa impian anda akan anda dapatkan

7. Bekerjalah dan berkorbanlah, tidak ada cinta tanpa pengorbanan. Aturlah jadwal waktu anda dengan baik. Milikilah buku harian yang mengendalikan jadwal anda.

8.Lakukan manajemen pekerjaan untuk meraih hasil. Cita-cita yang sudah kita gariskan harus diwujudkan dalam bentuk kerja sehingga kita mampu mengatur pekerjaan kita. Awali kegiatan anda dengan menuliskan apa yang anda akan kerjakan dengan baik dan jelas, dan tuliskan yang sudah anda lakukan serta lakukan evaluasi terhadap apa yang sudah dikerjakan.

9. Lakukan perbaikan secara terus menerus. Jika anda menemukan kelemahan dalam siklus pekerjaan anda maka segeralah dilakukan perbaikan sehingga kelemahan-kelemahan ini tidak menumpuk dan menjadi sulit untuk diperbaiki.

10. Tetapkan standar proses dan standar hasil yang anda inginkan sehingga pekerjaan tersebut dapat juga dilakukan atau didelegasikan pada orang lain ketika memang pekerjaan tersebut tidak dapat anda lakukan pada waktu yang bersamaan.

Proses-proses ini yang akan bisa membawa mimpi kita menjadi kenyataan, insyaalloh.

Disusun: Masitoh AmG, (Manager Pengembangan Program LKC Dompet Dhuafa).

Tags: , , ,

Leave a Reply

KANTOR PUSAT LKC – LAYANAN KESEHATAN CUMA CUMA

Gedung LKC
Ciputat Mega Mal Blok D-01
Jl. Ir. H. Juanda No 34
Ciputat 15414

Telp.        : 021 – 7416262
Fax.         : 021 – 7416171
Website  : lkc.dompetdhuafa.org

HOTLINE KERJASAMA

  • Santi Deliani,
    [0878-8123-6630(Whatsapp)]

Nomor Rekening Donasi

Bank Mandiri BNI Syariah Bank Central AsiaBank Muamalat

KANTOR PUSAT LKC

Gedung LKC
Ciputat Mega Mal Blok D-01
Jl. Ir. H. Juanda No 34
Ciputat 15414

Telp.        : 021 – 7416262
Fax.         : 021 – 7416171
Website  : lkc.dompetdhuafa.org