LKC Dompet Dhuafa Janten Dorong Warga Pamulang Buat Jamban

CIputat, Tangerang Selatan–LKC Dompet Dhuafa Janten mengadakan pemicuan Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM) di Kampung Sawah RT 02 RW 05, Pamulang, Kamis (18/01/2018). Kegiatannya mencakup menggali kesadaran warga pentingnya sanitasi lingkungan. Kegiatan ini adalah lanjutan dari assesmen awal yang sudah dilaknakan Kamis seminggu sebelumnya.

Dari kegiatan ini tim fasilitator STBM dari Program Unggulan, mengetahui permasalahan masyarakat di wilayah tersebut. Beberapa warga tidak memiliki jamban sehingga buang hajat di kolam ikan lele, sampah yang tidak dibuang pada tempatnya dan berserakan, dan ketidakmampuan warga memiliki jamban dengan alasan ekonomi.

Kegiatan dibuka oleh Rohayani, Manajer Program Unggulan yang membuat games dan membuat simulasi pengetahuan masyarakat akan kebersihan. Sekitar 10-an warga sangat antusias mengikuti permainan dan simulasi tersebut. Selanjutnya Maudi selaku perawat LKC, mengajak para warga untuk melihat tempat buang hajat mereka.

Selanjutnya, para warga yang hadir di sana, diberikan arahan dan kesadaran untuk membangun jamban mereka sendiri dalam tabel rencana tindak lanjut (RTL)

“RTL itu kami lakukan tanpa ada paksaan kepada warga, dan janji-janji untuk memberikan bantuan dan materi. Ini penting dalam model pembangunan kesadaran masyarakat,” tutur Uswatun Hasanah yang turut menjadi fasilitator di kegiatan tersebut.

Kegiatan ini turut disambut baik oleh warga sekitar. Ujaran itu diwakili oleh Ketua RT, Sarifuddin. Dia menuturkan bahwa kegiatan ini sangat bermanfaat bagi warganya.

“Semoga kegiatan ini dapat berkelanjutan untuk memperbaiki kebiasaan buruk warga saya,” tuturnya.

Kegiatan STBM ini diperkirakan akan selesai hingga pertengahan Februari 2018, di mana para warga sepakat akan membuat jamban untuk rumah masing-masing.

Leave a Reply