LKC Dompet Dhuafa Gelar Peduli Gempa Tasik di Ciamis

Ciamis, Jawa Barat–LKC Dompet Dhuafa menunjukkan kepeduliannya terhadap gempa Tasikmalaya, dengan menurunkan tim medis RDK (Respon Darurat Kesehatan) ke Desa Pamarican, Kecamatan Pamarican, Sabtu pagi (23/12).

Seperti dilansir oleh Tribun Jabargempa berkekuatan 6,9 SR mengguncang dan menghancurkan ratusan rumah, serta menelan korban jiwa. Kecamatan Pamarican adalah wilayah yang paling parah menerima dampak dari gempa ini. Desa Pamarican sendiri menurut Kepala Desa, Endang Rahman, tercatat sekitar 277 rumah rusak, 32 diantaranya rusak berat, serta satu orang meninggal karena serangan jantung.

Tim yang terdiri atas dua orang dokter, satu orang perawat, dan tiga orang relawan melakukan pemeriksaan kesehatan dan pemberian obat gratis kepada, sekitar 200-an warga Desa Pamarican yang dilokasikan di posko kerja, Dusun Golempang.

Di posko tersebut, penyakit yang paling rentan ditemukan adalah tekanan darah tinggi dan scabbies. Hal itu dipaparkan oleh Indra Bangsawan, selaku salah satu dokter yang turun memeriksa.

“Kalau darah tinggi, diperkirakan karena mereka masih shock atau karena sibuk bekerja memperbaiki rumah mereka yang rusak,” papar dokter lulusan Universitas Indonesia ini.

Kegiatan ini turut diapresiasi juga oleh Yusman, selaku Kepala Dusun Golempang. Menurutnya, kegiatan ini dapat sedikit memberikan keringanan untuk warga mereka yang masih berduka dan trauma akibat gempa.

“Semoga kegiatan ini bisa juga membuat kesadaran hidup sehat warga kami, yang beberapa diantaranya belum memiliki kartu Jaminan Kesehatan,” tutupnya.

 

Leave a Reply