LKC Dompet Dhuafa Aceh Gelar Edukasi Sampah dan Tanaman Obat

Banda Aceh–Pada Selasa, 28 November 2017 di SDN 6, SDN 31 dan SDN 70 Kota Banda Aceh, tim LKC DD Aceh melakukan kegiatan edukasi sampah organik dan non-organik yang bertujuan untuk memberikan pemahaman bagi siswa/i binaan tentang pentingnya memilih dan memilah sampah yang harus dibuang di tong sampah organik dan non-organik. Sebagai subjek penyuluh, dokter kecil dilibatkan dalam kegiatan ini sekaligus melihat pemahaman mereka tentang sampah organik dan non-organik.

Selain dari itu, LKC DD bersama SDN binaan tersebut turut mengadakan kegiatan penanaman tanaman apotek hidup pada tanggal 29-30 November 2017. Kegiatan ini bertujuan untuk menyediakan persediaan tanaman apotek hidup yang kiranya diperlukan saat situasi darurat maupun sebagai lahan edukasi bagi siswa/i.

Nabila, dokter kecil SDN 6 Banda Aceh mulai menjelaskan, “Teman-teman, jadi kita harus pilih dan pilah sampah. Nggak semua sampah kita buang ke tong sampah. Sebelum kita buang sampahnya, kita liat dulu ini sampah bisa di daur ulang atau nggak. Sampah sayuran dibuang kemana?” Siswa/i lainnya diam.

Penyuluhan pengolahan sampah (sumber: Andi Tharsia)

“Ke tong sampah organik”, sambil menunjukkan tong sampah bertuliskan “Sampah Organik” LKC Dompet Dhuafa Aceh.

Siswa/i diberikan pemahaman bahwa tidak semua sampah harus digabung ke dalam satu tong sampah,melainkan perlu dibedakan, karena ada sampah yang bisa di daur ulang dan ada yang tidak bisa di daur ulang tetapi bisa dimanfaatkan untuk kerajinan tangan, dsb.

Kegiatan ini melakukan metode komunikasi peer group/teman sebaya agar materi yang disampaikan juga tepat sasaran dan diterima. Juga dapat menumbuhkan kesadaran bagi siswa/i sekolah binaan untuk dapat menanam tanaman apotek hidup seperti ini di rumah dan juga mengedukasi orang tua untuk sadar bahwa penyakit ternyata dapat disembuhkan dari tanaman di sekitar kita

Leave a Reply