LKC Jakarta Menyehatkan Santri

Jakarta–LKC Dompet Dhuafa Jakarta mengadakan pemeriksaan faktor resiko penyakit tidak menular kepada para santri, guru dan pengurus Pondok Pesantren Nurul Jalal Warakas, Tanjung Priok, Jakarta Utara. Kegiatan ini dilakukan di ruang aula Ponpes Nurul Jalal, Jumat pagi (8/12).

Kegiatan ini merupakan kegiatan rutin yang dilakukan oleh kader santri sehat yang sudah dilakukan pelatihan sebelumnya. Kader santri sehat ini dibina oleh tim Prokesmas Gerai Sehat Rorotan LKC Jakarta sebagai upaya meningkatkan kualitas kesehatan santri, guru dan mayarakat sekitar pondok pesantren, sekaligus menginisiasi kembali program santri sehat.

Penyakit tidak menular merupakan pembunuh nomer satu pada saat ini, dimana penderita penyakit tersebut tidak dapat sembuh secara total melainkan perlu dilakukan perawatan dan kontrol rutin secara berkala, ini disebabkan karena pola hidup masyarakat yang kurang baik, maka dari itu kegiatan ini juga menghimbau dan mengajak santri, guru dan masyarakat yang ada di sekitar pondok pesantren agar dapat melakukan pola hidup “CERDIK”.

CERDIK diantaranya adalah: cek kesehatan secara berkala, minimal per 6 bulan, mengenyahkan asap rokok, rajin melakukan aktifitas fisik, diet sehat dengan kalori seimbang, istirahat cukup, dan kelola stress dengan baik. Pola hidup CERDIK, diharapkan dapat menghindarkan kita dari faktor resiko penyakit tidak menular.

“Santri harus menerapkan pola hidup sehat, makan seimbang dan olah raga teratur, karna banyak santri yang bergadang pada malam harinya, sehingga tekanan darahnya banyak yang rendah dan kebanyakan santri pada jajan sembarangan,” tutur Iis Khoridah selaku kepala sekolah Pesantren Nurul Jalal.

Sari Bunga selaku penanggung jawab kegiatan ini menyatakan harapannya kepada kegiatan ini agar pondok pesantren sebagai sentral pendidikan agama dapat dibekali dengan kebiasan hidup bersih dan sehat agar kesehatan dapat menjadi perhatian khusus.

“Program ini tumbuh dengan santri sebagai motor penggerak dari kegiatan ini. Dengan ini santri lebih diberdayakan untuk membantu kader di masyarakat,” tutupnya

Leave a Reply