LKC Dompet Dhuafa Gelar Pemeriksaan Ibu Hamil

Ciputat—LKC Dompet Dhuafa Jakarta dan Banten (Janten) mengadakan kegiatan pemeriksaan dan edukasi untuk ibu hamil di keluarahan Pisangan, Ciputat Timur, Tangerang Selatan, Selasa pagi (21/11). Kegiatan yang bernama Kelas Ibu Hamil ini merupakan agenda dari program unggulan dari LKC Janten yang diikuti 20 orang peserta.

Kegiatan Jaring Kesehatan Ibu dan Anak (JKIA) ini meliputi: pemberian PMT (Pemberian Makanan Tambahan), edukasi kader kesehatan, dan konsultasi kondisi kandungan. Manager Program Unggulan, Rohayani. Dia menuturkan, “Kegiatan kelas ibu hamil ini diharapkan dapat menjaring ibu yang berisiko tinggi sehingga angka kematian ibu dan anak bisa diminimalisir.”

Lanjutnyam dia menuturkan kelas ibu hamil ini juga mempersiapkan ibu untuk menyusui secara eksklusif dan sampai dua tahun saat anaknya lahir. Sehingga dia mengharapkan angka ASI eksklusif di wilayah program meningkat.

Kegiatan ini berjumlah 5 kelas yang tersebar di 2 kecamatan yaitu: Pamultang dan Ciputat Timur. Kegiatan yang terlaksana selama dua tahun ini sudah mendampingi sekitar 79 ibu hamil, dengan sejumlah 6 kali pertemuan dalam sekali kelas.

Salah satu ibu hamil yang turut hadir di acara tersebut, Tarinah (28) menuturkan kesannya akan kegiatan ini, “Terima kasih dengan adanya kelas ibu hamil, merasa terbantu. Saya jadi tahu tentang bahaya kehamilan dan ASI Eksklusif.”

Leave a Reply