Dompet Dhuafa Bekerja Sama dengan PT TEP Galang Donasi Peduli Kanker

JAKARTA – Charity Run Fest yang bertemakan Cancer Fighter diselenggarakan di FX Sudirman. Kegiatan ini merupakan hasil kerja sama antara Gerai Sehat Rorotan Dompet Dhuafa dengan PT TEP, Minggu pagi (19/11).

“Kita mengadakan Run for Charity karena pertama hidup sehat itu perlu berolahraga. Kita ambil olahraganya lari karena relatif murah, semua bisa ikut,” ungkap Afiat Djajanegara yang menjabat sebagai General Affairs Manager PT TEP di FX Sudirman.

Halaman FX Jakarta dibanjiri peserta sejak pukul 05:30 WIB, sebanyak 1000 orang lebih memenuhi FX Sudirman. Sontak kawasan FX Sudirman menjadi lautan biru karena baju yang digunakan oleh para peserta lari.

Run Fest kali ini dibagi menjadi dua kategori yaitu 10k dan 5k. Hadiah yang diperebutkanpun cukup menarik, yaitu uang senilai jutaan rupiah. Juara pertama 5k mendapatkan hadiah Rp 2.000.000, dan juara pertama 10k mendapatkan Rp 3.000.000.

Pelepasan peserta lari dipimpin oleh Zulkifli Hasan ketua Majelis Permusyawartan Rakyat RI. Bukan hanya melepas para peserta lari, Zulkifli Hasan pun ikut berlari bersama para peserta.

Salah satu peserta lari mengatakan bahwa kegiatan ini merupakan hal yang sangat menarik, berolahraga untuk hidup yang sehat sekaligus mampu berderma melalui donasi yang dikumpulkan.

“Kegiatan ini merupakan hal yang menarik, selain bisa olahraga melalui kegiatan ini juga kita berdonasi untuk berbagi ke sesama,” ungkap Andi (31) yang menjadi peserta lari.

“Kegiatan ini rencannya akan dilangsungkan setiap tahun, namun tema yang diangkat akan berbeda-beda,” ungkap Iwan Ridwan, Direktur Utama Dompet Dhuafa Sosial Enterprise.

Dalam kegiatan tersebut dilakukan juga promosi kesehatan dan cek kesehatan yang dilakukan oleh tim medis Gerai Sehat Rorotan.

Direktur Layanan Kesehatan Cuma-Cuma Dompet Dhuafa Miza Elman menjelaskan bahwa ada juga upaya promotif dan preventif yang dilakukan dalam kegiatan Charity Run Fest ini.

“Kegiatannya ada juga  penyuluhan kesehatan, pemeriksaan darah dan pemberian kartu cek kesehatan” lanjut Miza Elman yang juga menjabat sebagai kornas audit dan sumber daya LKC Dompet Dhuafa se-Indonesia.

Kepedulian Dompet Dhuafa terhadap penyakit kanker memang tidak sembarangan. Di LKC (Layanan Kesehatan Cuma-Cuma) pun sudah melakukan beberapa upaya terhadap penyakit kanker.

“Kita juga melakukan pemeriksaan pap smear untuk mendeteksi kanker dini, pernah juga melakukan Iva Test untuk masyarakat dhuafa. Selain itu kita juga punya alat Femicam untuk mendeteksi dini kanker serviks,” tambah Miza Elman.

Charity Run Fest (foto: Akbar Firmansyah)

Leave a Reply