Rayakan Ulang Tahun, LKC Dompet Dhuafa Buka Gerai Baru

CIPUTAT–LKC (Layanan Kesehatan Cuma- Cuma) merayakan usia 16 tahun dengan membuka gerai baru di kawasan Bandung, Jawa Barat. Sekaligus merilis bahwa saat ini LKC Dompet Dhuafa memiliki lebih dari 40 ribu  penerima manfaat diseluruh Indonesia.

“Harapan saya dengan bertambahnya usia, LKC  semakin banyak membantu kaum dhuafa khususnya pada bidang kesehatan. Selain itu harapan lain saya adalah bagaimana member LKC Dompet Dhuafa berubah status dari mustahik (penerima zakat) menjadi muzaki (wajib zakat),” tutur Miza Elman, Direktur Utama Layanan Kesehatan Cuma-Cuma Jakarta dan Banten.

Dengan bertambahnya usia, Miza mengharapkan agar LKC banyak membantu para kaum duafa khususnya di daerah pelosok yang sulit dijangkau oleh publik. Selain itu lembaga ini diharapkan dapat semakin banyak bekerjasama dengan mitra- mitra perusahaan dalam membantu  kaum duafa di Indonesia.

“Harapan kedepan semoga apa yang dicita- citakan LKC Dompet Dhuafa dapat terwujud dan terlaksana yakni semakin banyaknya penerima manfaat kesehatan untuk kaum duafa di seluruh Indonesia,” ungkap Miza Elman Selaku Direktur LKC Dompet Dhuafa Jakarta dan Banten.

LKC ini dibentuk pada tanggal 6 November 2001 oleh wakil presiden saat itu, Hamzah Haz sekaligus memulai kiprahnya dalam bidang kesehatan di Indonesia. Tujuannya adalah untuk membantu masyarakat yang tidak mampu secara ekonomi untuk mengakses kesehatan.

Lembaga ini bergerak khusus pada bidang kesehatan melalui pengelolaan dana sosial masyarakat ZISWAF ( Zakat, Infak, Sedekah dan Wakaf) dan dana sosial perusahaan. Saat ini Dompet Dhuafa telah memiliki 9 cabang di seluruh Indonesia.

LKC Dompet Dhuafa saat ini  memiliki dua program kegiatan yakni program unggulan dan juga program kawasan. Didalam program unggulan terdapat kegiatan JKIA (Jaring Kesehatan Ibu dan Anak) dan STBM (Sanitasi Total Berbasis Masyarakat). Pada program kawasan terdapat kegiatan RDK (Respon Darurat Kesehatan), KILAT (Komunitas Layanan Advokasi Kesehatan). Selain itu pada program kawasan terdapat pelayanan kesehatan primer yaitu Gerai Sehat yang menerima para Pasien BPJS.

 

Leave a Reply