Indosiar dan SCTV Gandeng LKC Dompet Dhuafa Selenggarakan Pengobatan Gratis di Sukajaya-Kab. Bogor

Bogor-Antusiasme warga terlihat di kantor Desa Sukamulih, kecamatan Sukajaya, Kabupaten Bogor-Jawa Barat. Sejumlah 700 kupon tersebar untuk warga kurang mampu yang ingin berobat, dari pantauan penulis, jumlah yang hadir untuk mendapatkan fasilitas kesehatan umumnya berusia lansia, mereka tak ketinggalan ikut antri demi mendapatkan pelayanan kesehatan gratis yang diselenggarakan oleh Indosiar dan SCTV bekerja sama dengan LKC Dompet Dhuafa.

Dalam kesempatan itu, turut hadir juga Babinmas Desa Sukamulih, E. Kosasih, serta beberapa jajaran pemangku kebijakan tingkat desa, seperti Badan Perwakilan Desa serta Tokoh masyarakat lainnya.

“Warga kami sangat senang sekali atas terselenggaranya kegiatan pengobatan gratis yang dilakukan hari ini, mengingat lokasi daerah kami sangat jauh ke pusat pelayanan kesehatan, yaitu sekitar 10 km, maka pengobatan ini dimanfaatkan betul oleh mereka,”terang Kepala Desa Sukamulih, Rukman Somad.

Diakui Rukman, bahwa sebagian besar warganya memiliki kartu Jaminan kesehatan Nasional (JKN) BPJS, namun untuk menggunakan kartu Jaminan kesehatan itu, warga harus menggunakan transportasi ojek demi sampai ke Puskesmas tersebut.

“Berobatnya Emang gratis, tapi bayar ojeknya sampai lima puluh ribuan, mereka rata-rata tidak sanggup ongkos ojeknya, akhirnya kalau sakit lebih memilih diam dirumah,”kata Kades Rukman.

Senada dengan Kepala Desa, sekretaris Desa Sukamulih yang dalam kesempatan itu bertugas mengkoordinir distribusi kupon undangan pengobatan  gratis juga mengungkapkan bahwa animo masyarakat terhadap pelayanan kesehatan gratis yang di laksanakan saat ini adalah disebabkan karena kondisi geografis wilayah Sukamulih yang jauh dari Puskesmas Kecamatan.

“Begitu Kupon kita dsitribusikan, ternyata gak cuma warga dari kelurahan kami saja yang terdata, mengingat kondisi masyarakat yang diperlukan pelayanan kesehatan makanya saya kasih juga mereka kupon, Kasian pak kalau cuman dari wilayah kita saja, sementara merekapun sama membutuhkannya seperti warga kami,”kata Sekretaris Desa Sukamulih, Toni Sutrisna,S.Ap. kepada media LKC Dompet Dhuafa,dalam wawancaranya, Sabtu (09/09/2017)

Kegiatan Pengobatan gratis yang diakhiri Photo bersama itu mendapatkan apresiasi yang sangat tinggi dari sejumlah pejabat tingkat desa, mereka berharap kegiatan ini dapat terselenggara lagi dilain kesempatan. (Goes Moeh)

Leave a Reply