081-808-944-888 layandonatur@lkc.or.id

Mutiara-Mutiara Kuat dari Wilayah Nusa Tenggara Timur

Sabtu 12 Agustus 2017 bertempat di SD Attin Namoisan LKC Dompet Dhuafa NTT mengadakan kegiatan cek kesehatan berkala untuk siswa-siswi kelas 1-6 Sekolah Dasar.

Masa kanak-kanak merupakan masa emas yang harus dilindungi, bukan hanya pendidikan, kesehatan pun harus diperhatikan. Jika anak-anak sehat maka akan membuka peluang mereka untuk belajar lebih giat dan rajin.

“Mens sana in corpore sano”, didalam jiwa yang sehat terdapat tubuh yang kuat. Dengan memperhatikan kesehatan dari siswa-siswi yang merupakan mutiara dari timur, maka akan tercipta mutiara-mutiara yang kuat dari Indonesia bagian timur.

Dengan tubuh yang kuat dan prima membuat anak-anak menjadi lebih bersemangat dalam belajar. Untuk itu LKC Dompet Dhuafa hadir di SD Attin Namoisah Nusa Tenggara Timur untuk melakukan cek kesehatan.

Kebersihan sebagian dari iman, hal itu diimplementasikan dalam kegiatan LKC di NTT kali ini. Kebersihan kuku, telinga, kulit, pemeriksaan kesehatan gigi dan mulut dilakukan oleh dokter Fanny. Tinggi badan dan berat badan pun tidak luput dari pencatatan untuk keperluan pemeriksaan. Tidak hanya itu, di formulir skrining pun tersedia pemeriksaan Hemoglobin (HB), pembengkakan kelenjar dan lain-lain. Setelah hasil cek dan diagnose awal, siswa-siswi yang terdiagnosis menderita anemia akan diberikan Pot Feses untuk pemeriksaan Feses lanjutan di laboratorium.

Kegiatan cek kesehatan tidak hanya dilakukan di SD Attin Namoisan, ada sekolah lain di NTT yang berkesempatan sama yaitu SDN Nunhila. SDN Nunhila mendapat kesempatan kegiatan skrining terlebih dahulu di lusa lalu tanggal 10 Agustus 2017. Tujuan dari kegiatan ini ialah untuk mengetahui tumbuh kembang siswa-siswi dan juga mencegah penyakit anemia kecacingan pada peserta didik.

Diharapkan dengan diadakannya kegiatan seperti ini, kesehatan siswa-siswi di nusa tenggara timur dapat diawasi. Karena kesehatan merupakan sesuatu yang mahal, untuk itu upaya menjaga kesehatan harus terus dilakukan, salah satunya dengan kegiatan cek kesehatan seperti ini.

Mutiara-mutiara Indonesia bagian timur harus terus sehat dan kuat. Tumbuh besar, kemudian bersinar menyinari Indonesia dengan prestasi yang dapat membanggakan negeri.

Leave a Reply