Kunjungan Tim Respon Darurat Kesehatan ke Kampung Gurudung, Tanggerang

Tim Respon Darurat Kesehatan (RDK) Kliat (Komunitas Layanan Advokasi Kesehatan) Layanan Kesehatan Cuma-Cuma (LKC) Dompet Dhuafa, melakukan kunjungan pasien ke daerah Kampung Gurudung, Tanggerang, Banten. 20/7/2017

Sebagai komitmen nyata Layanan Kesehatan Cuma-Cuma (LKC) Dompet Dhuafa untuk memberikan kesehatan bagi semua masyarakat, LKC senantiasa melakukan kunjungan pasien ke berbagai daerah. Kali ini dengan mengandalkan tim RDK Kilat, LKC melakukan aksinya dengan melakukan kunjungan pasien ke daerah Kampung Gurudung, Tanggerang. Bukan kali pertama kunjungan pasien dilakukan oleh tim RDK Kilat, bahkan sudah tak terhitung berapa jumlah pasien yang dikunjungi oleh tim RDK.

Kunjungan pasien dilakukan untuk mengetahui perkembangan dari penyakit pasien. Kemudian ada pemeriksaan yang dilakukan oleh tim yang sudah ahli dibidangnya. Dengan beranggotakan Mamat Ismanto, Lini, Iqbal M Utomo dan Umay tim RDK mengunjungi pasien yang bernama Qomariah (53 tahun) yang menderita penyakit kaki gajah atau filariasis.

Diusia 53 tahun ini Qomariah masih harus berjuang melawan penyakit kaki gajahnya atau filariasis. Penyakit yang bersarang ditubuhnya sejak usia 37 tahun ini belum menunjukan tanda-tanda kesembuhan. Sehingga tim RDK Kilat LKC Dompet Dhuafa melakukan kunjungan untuk memeriksa kondisi pasien. Tim RDK kilat LKC memberikan perawatan kepada pasien. Perawatan dilakukan untuk membebaskan luka Dekubitus dari infeksi. Hal ini harus dilakukan guna mencegah penyakit kaki gajahnya semakin parah.

Selain melakukan perawatan, tim RDK juga mengedukasi pasien terkait pengurusan BPJS non Penerima Bantuan Iuran atau non PBI. Agar dapat dirawat ke rumah sakit, kemudian mendapat perawatan dari rumah sakit.

Setelah melakukan perawatan dan mengedukasi pasien tentang masalah BPJS, tim RDK Kilat menyerahkan kasa dan cairan pembersih luka untuk perawatan lukanya serta obat nyeri bagi kenyamanan pasien. Keluarga pasien berterima kasih atas perawatan dan edukasi yang telah diberikan oleh tim RDK LKC. “sangat berterima kasih ya sama LKC udah ditanganin, dijelasin juga caranya pakai BPJS” ungkap Rita yang merupakan anak dari Qomariah kepada tim RDK Kilat LKC.

Leave a Reply