Menu Bergizi dari Ahli Gizi LKC Dompet Dhuafa

 

Empat sehat lima sempurna merupakan makanan yang dianjurkan untuk dikonsumsi sedari dulu. Untuk sebagian orang mungkin makan asal kenyang sudah cukup, apalagi karena sibuknya beraktivitas seperti perjalanan mudik lebaran. Namun sebetulnya gizi yang dibutuhkan oleh tubuh saat menjalani perjalanan justru lebih besar.

Menyadari hal tersebut LKC DD-PTTEP Aksi Layanan Sehat Mudik Ramadhan, membuka posko untuk para ibu dan anak-anak supaya kesehatan dan gizi mereka senantiasa terjaga terutama dalam menjalani mudik.

Menurut Eka Roswina selaku ahli gizi yang memberikan layanan konsultasi gratis di posko mudik LKC Dompet Dhuafa, memang sulit untuk mengarahkan para ibu untuk memberikan makanan sehat yang mengandung karbohidrat, protein, lemak, vitamin dan susu ketika dalam perjalanan. Repot menjadi salah satu masalah utamanya, sehingga menurut penuturan mbak Biya variasi makanan jarang diaplikasikan untuk menu makan ketika dalam mudik perjalanan.

Eka juga menambahkan, bahwa konsultasi yang diberikan pada para ibu disambut antusias, namun karena memang kondisi yang sedang hectic menunggu bis dan sudah tidak sabar untuk pulang kampong, biasanya para ibu lupa lagi dengan yang sudah dijelaskan ketika bertanya. Maka dari itu pemberian pamphlet kepada para ibu seputar gizi anak menjadikan cara alternatif supaya ilmu yang didapatkan benar-benar bisa diaplikasikan.

Posko mudik LKC Dompet Dhuafa juga menyediakan makanan gratis untuk para ibu dan anak. Untuk makanan yang disediakan untuk para ibu, mbak Bunga sebagai penanggung jawab posko LKC Dompet Dhuafa Tanjung Priuk mengatakan bahwa pihak pusatlah yang memberikannya dan terdiri dari roti, pisang dan sari kacang ijo. Sementara untuk anak makanan dibuat sendiri oleh mbak Biya.

Makanan sudah dibuat oleh mbak Biya sejak jam 2 pagi, persiapan seperti mengupas wortel, membersihkan sayuran, membersihkan daging dan menggoreng telut dilakukan. Kemudian setelah saur mbak Biya kembali melanjutkan merebus bubur dan mencampurkan bahan makanan yang sudah dipersiapkan, serta dimasukan ke dalam kemasan.

Persiapan yang dilakukan Eka memang repot dan membutuhkan waktu yang lama, namun hal tersebut tentu saja akan sangat bermanfaat untuk membantu para pemudik terutama yang berasal dari kalangan anak dan ibu untuk meningkatkan gizinya lagi.

Leave a Reply