Fasilitas Terminal Tanjung Priuk Untuk Para Ibu dan Anak

 

Beberapa hari sebelum lebaran, terminal-terminal di Jakarta semakin ramai dipenuhi pemudik yang ingin kembali ke kampung halamannya. Salah satu terminal yang ramai didatangi pemudik adalah terminal Tanjung Priuk yang banyak menyediakan jasa bus antar kota.

Kondisi terminal Tanjung Priuk pada H-2 dipadati pemudik yang berasal dari berbagai kalangan dan usia, tidak terkecuali dengan para ibu dan anak-anak. Mereka biasanya membutuhkan kebutuhan pelayanan khusus yang lebih harus diperhatikan dibanding pemudik lainnya. Contohnya adalah ruangan khusus menyusui untuk para ibu, karena kondisi ruang tunggu terminal yang begitu ramai dan panas tidak nyaman untuk menyusui anak.

Terminal-terminal di Jakarta biasanya menyediakan ruangan khusus untuk menyusui, namun banyak para ibu yang tidak tahu adanya ruangan tersebut. Ketidaktahuan para ibu biasanya karena kurangnya informasi dari pihak terminal.

Posko Kesehatan LKC DD-PTTEP Aksi Layanan Sehat Mudik Ramadhan 2017, dalam hal ini berkontribusi untuk menginformasikan pada para ibu menyusui mengenai keberadaan ruangan tersebut. Para ibu sebagian akan menggunakan ruang menyusui tersebut, namun karena posisinya yang tidak strategis yakni di lantai dua jadi tidak semua ibu akan menggunakannya.

Para ibu biasanya hanya akan mengunjungi posko mudik LKC Dompet Dhuafa yang tersedia di ruang tunggu terminal. Disana posko LKC Dompet Dhuafa menyediakan bubur bayi, snack untuk para ibu, timbangan bayi dan konsultasi seputar gizi anak.

Sebelumnya posko mudik LKC Dompet Dhuafa menyediakan pelayanan pijit bayi, namun karena lokasi posko yang terbatas jadi untuk tahun ini tidak bisa menyediakan layanan tersebut.

Menurut Mbak Bunga, Penanggung Jawab posko mudik LKC Dompet Dhuafa, memang program tersebut dilaksanakan di beberapa posko lain namun tidak dilakukan di Posko terminal Tanjung Priuk karena tempat yang tidak memungkinkan.

Selain itu posko yang terbuka dan hanya tersedia dua kursi membuat para ibu dan anak tidak bisa berkonsultasi lebih lama, sehingga hal ini menjadi keterbatasan untuk posko-posko mudik menyediakan layanannya.

Diharapkan untuk tahun-tahun yang akan datang terminal-terminal di ibu kota dapat lebih memfasilitasi posko mudik yang ada. Hal tersebut diharapkan supaya para pemudik menjadi lebih nyaman dalam melakukan perjalanan mudik, terutama bagi kalangan yang membutuhkan perhatian lebih seperti para ibu dan anak.

Leave a Reply