081-808-944-888 layandonatur@lkc.or.id

Dari LKC Dompet Dhuafa Untuk Anak dan Ibu di Mudik 2017

Kebutuhan kesehatan bagi para pemudik merupakan hal yang paling penting ketika melakukan perjalanan. Pasalnya kondisi tubuh yang tidak fit akan memberi dampak berkepanjangan sampai di kampung halaman jika tidak dijaga dengan baik.

Menyadari problematika tersebut, posko-posko mudik banyak disediakan oleh pihak-pihak yang peduli pada kesehatan masyarakat. Posko Kesehatan LKC DD-PTTEI Aksi Layanan Sehat Mudik Ramadhan, merupakan salah satu yang peduli pada kesehatan masyarakat salah terutama pada ibu hamil, ibu menyusui dan balita.

LKC Dompet Dhuafa melihat permasalahan yang terjadi pada para ibu yang kesulitan membawa anaknya dan menyusui bayi mereka. Sehingga LKC Dompet Dhuafa menganggap posko untuk para ibu dan anak akan sangat membantu.

Menurut Dokter Ufo selaku kordinator acara, ingin menyediakan fasilitas yang memadai untuk para ibu dan anak. Fasilitas tersebut diantaranya pemberian informasi ruangan menysui yang ada di tiap terminal, namun sebagian besar pemudik masih belum mengetahuinya. Kemudian pemberian makanan pendamping asi seperti bubur, pijat bayi dan konseling.

Konseling ditujukan untuk para ibu menyusui dan ibu hamil, untuk mengedukasi mereka seputar pentingnya menyusui dan tips untuk menjaga kesehatan diri dan anak saat perjalanan mudik. Konseling dilakukan oleh tim dari LKC Dompet Dhuafa yang telah memiliki sertifikasi khusus dan kompeten di bidangnya.

Selain konseling, survei juga dilakukan untuk mengetahui kondisi masyarakat dan respon tersebut akan dijadikan acuan untuk LKC Dompet Dhuafa kedepannya dalam membantu masyarakat. Melalui kegiatan posko kesehatan LKC Dompet Dhuafa diharapkan mampu menjadikan para ibu dan anak lebih sejahtera dalam perjalanan mudik, mampu mengaplikasikan ilmu yang telah didapat untuk sehari-hari dan alangkah baiknya jika mampu dibagikan ke sanak saudara lain yang membutuhkan.

LKC Dompet Dhuafa tidak hanya menyediakan fasilitas untuk ibu dan anak, namun juga lansia yang sedang melakukan mudik. LKC Dompet Dhuafa memfasilitasi mobilisasi dengan menyediakan kursi roda yang bisa digunakan di empat terminal.

Dokter Ufo juga menambahkan, bahwa program Posko Mudik LKC Dompet Dhuafa yang telah dilaksanakan dua tahun terakhir akan terus melayani para pemudik di tahun-tahun kedepan. Tentu saja dengan pelayanan yang lebih lengkap dan lokasi yang lebih menyebar demi membantu masyarakat.

Leave a Reply