Cerita Pemudik-Pemudik Cilik Yang Menunggu Bus

 

Menunggu bus di terminal saat musim mudik lebaran memang biasa dilakukan. Keramaian penumpang, keterlambatan bus dan keterbatasan fasilitas menjadikan menunggu di terminal menjadi sangat tidak nyaman. Terutama bagi anak-anak yang mudah bosan dan membutuhkan perhatian ekstra.

Anak-anak yang sangat enerjik dan tidak bisa diam, menjadikan ruang tunggu di Terminal Kampung Rambutan lebih ramai. Banyak anak-anak yang melakukan berbagai aktivitas seperti bermain game di handphone, mengobrol dengan saudaranya, memperhatikan lalu lalang atau jajan di warung-warung yang tersedia di terminal.

Sebagian dari mereka nampak tertidur pulas atau menangis. Anak-anak yang menunggu bus tidak tahan saat dikarenakan waktu tunggu yang terlalu lama dan tidak adanya hiburan. Orang tua dalam hal ini juga tidak bisa berbuat banyak dan hanya bisa memberikan handphone untuk bermain, memberikan makan atau menidurkan putra-putri mereka sambil menunggu bus.

Salah satu anak-anak yang menunggu adalah amelia yang berusia dua belas tahun. Amelia menunggu bersama orang tua dan adiknya sejak jam sepuluh, dia mengatakan bahwa busnya baru akan berangkat pukul dua belas dan memang sudah bosan menunggu.

Saat menunggu bus ia menghabiskan waktu dengan bermain handphone, mendengarkan musik, menonton video-video dan mengobrol dengan adiknya. Amelia mengaku biasa melakukan aktivitas tersebut sejak bertahun-tahun lalu menjalani mudik lebaran.

Sama seperti kakaknya, Ihsan yang baru berusia enam tahun juha tidak bisa banyak melakukan aktivitas. Ihsan hanya bisa bermain handphone, mengobrol dengan kakak dan duduk menunggu. Ihsan yang sudah lama menunggu juga mengaku kesal karena kelamaan. Ihsan tidak bisa nyaman menunggu, tidak bisa tidur dan cuma duduk saja.

Dalam hal ini Posko Kesehatan LKC DD-PTTEI Aksi Layanan Sehat Mudik Ramadhan, menyediakan pelayanan untuk anak-anak dan para ibu yang sedang menunggu bus di terminal. LKC Dompet Dhuafa menyediakan snack, minuman dan bubur. Menurut ibu Linda hal tersebut sangat membantu di kala menunggu bus seperti saat ini, anak-anaknya tidak puasa karena takut kelelahan dan sakit di perjalanan.

LKC juga menyediakan beragam layanan pelatihan pijat bayi supaya waktu menunggu ibu dan anak dapat lebih dimanfaatkan dan berguna ke perjalanan mudik nanti.

Leave a Reply