PTTEP. dan LKC Dompet Dhuafa Bentuk Pos Sehat Bindu PTM Perdana di Jakarta Utara.

LKC.DompetDhuafa.org (Jakarta)-PTT Exploration and Production Public Company Limited (PTTEP) bersama LKC Dompet Dhuafa bentuk Pos Sehat Bindu PTM.(Bimbingan Terpadu Penyakit Tidak Menular) di Masjid Ar-Ruhama, Jl. Warakas III Blok GG. 1/11 Kelurahan Warakas, kecamatan Tanjung Priuk,Jakut. Pembentukan Pos Sehat Bindu PTM. mengacu pada Nota Kesepahaman yang ditandatangani bersama Kementrian Kesehatan Republik Indonesia dengan Dompet Dhuafa pada 27 Februari 2017, dalam upaya Edukasi dan Pemberdayaan Masyarakat bidang kesehatan dalam mendukung pencapaian SDGs di Indonesia.

Pos Sehat Bindu PTM. Ar-Ruhama merupakan Pos Sehat Bindu PTM Perdana  yang dibentuk oleh LKC Dompet Dhuafa. Proses pembentukan Pos Sehat Bindu PTM. Tersebut dilakukan setelah melalui pelatihan kader yang dilaksanakan selama tiga hari, mulai Selasa hingga Kamis (21-23/03/2017).

“Sebelumnya kita telah memiliki 50 Pos Sehat LKC Dompet Dhuafa di seluruh Indonesia yang saat akan di modivikasi juga menjadi Pos Sehat Bindu PTM. Namun jika secara khusus membentuk Pos Sehat Bindu PTM. Untuk pertama kalinya di Masjid Ar-Ruhama ini,”terang Kepala Gerai Sehat Rorotan (GSR) LKC Dompet Dhuafa, drg. Ufo Pramigi dalam sambutannya.

Dihadapan puluhan Kader Pos Sehat Bindu PTM. Dan juga para pengurus Yayasan Masjid Ar-Ruhama serta perwakilan dari Puskesmas Kelurahan Warakas, Ufo menegaskan bahwa tidak menutup kemungkinan bahwa Pos Sehat Bindu PTM. Ini menjadi sebuah Gerai Kesehatan apabila ditunjang dengan potensi lokal yang sangat mendukung, karena menurut Ufo bahwa Dompet Dhuafa lebih mengedepankan aspek pemberdayaan dalam setiap programnya.

Sementara itu dalam sambutannya, mewakili Kepala Puskesmas Warakas, dr. Hikmah Yanti mengucapkan terima kasih atas peran serta LKC Dompet Dhuafa dalam membentuk Pos Sehat Bindu PTM. Di wilayah binaannya.

“Terima kasih banyak saya ucapkan pada LKC Dompet Dhuafa yang telah membantu meringankan tugas kami, kami menyadari bahwa Program ini sebenarnya adalah Program Kemenkes, namun jika dilakukan sendirian kami rasa tidak sanggup,”tukas dr. Hikmah

Senada dengan dr. Hikmah, Ketua Yayasan Masjid Ar-Ruhama, Rojali mengungkapkan rasa syukurnya atas terpilihnya Masjid yang ia urus telah dipercaya dalam program Pos Sehat Bindu PTM. Yang kemanfaatannya tentu dapat dinikmati oleh warga sekitar terutama jamaah masjid tersebut. Rojali  berharap bahwa Pos Sehat Bindu PTM. Ar-Ruhama Yang dibentuk di Masjid Tertua di Warakas ini akan menjadi contoh untuk wilayah lainnya. (Goes Moeh)

Leave a Reply