Tak Sanggup Biayai Persalinan, Juhairiah Ditolong RDK. LKC Dompet Dhuafa

LKC.DompetDhuafa.org (Tangsel)–Kegembiraan nampak dari raut Wajah Juhairiah (25) pasca kelahiran anak ke duanya di RSUD. Tangsel, Juhairiah sangat bersyukur atas karunia yang diberikan kepadanya, kelahiran putra keduanya bagi Juhariah memiliki historis tersendiri yang tidak mungkin ia lupakan.
Sebelumnya, Juhairiah sempat khawatir akan persalinannya secara normal, hal ini ia ketahui setelah dilakukan pemeriksaan kandungannya di Puskesmas Rengas, ternyata tensi darah Juhariah saat itu tergolong tinggi yaitu 170/110 mmHg, selain itu kedua kakinya juga membengkak, sedangkan saat diperiksa pasien sudah masuk pembukaan ke-8, hanya setelah itu tidak mengalami peningkatan pembukaan persalinannya.
“Resiko kehamilan dalam kondisi seperti ini memang sangat tinggi, namun harus dilakukan pemeriksaan urin lengkap terlebih dahulu sehingga dapat dipastikan apakah pasien menderita pre eklamsi kehamilan yang biasanya ditandai dengan ureum creatinim positif dan tekanan darah diatas 150/70 mmHg”terang salah satu petugas LKC Dompet Dhuafa, Iis Yuliani, Amkeb.
Petugas Puskesmas menyarankan untuk merujuk yang bersangkutan ke RSUD. Tangsel, namun Juhairiah menolak dengan alasan keterbatasan dana yang ia miliki serta tidak memiliki kartu jaminan kesehatan, selain itu ia juga tidak memiliki kartu penduduk wilayah Tangsel. Akhirnya sang Ibu menandatangani surat penolakan rujuk atas permintaan sendiri.
Namun karena kondisi Ibu semakin menurun, kelelahan dan pucat, Ibu Juhairiah akhirnya mau dibawa ke RSUD Tangerang Selatan, walaupun dengan kebingunan sang Ibu dan suami mengenai masalah pembiayaan nantinya.
Juhairiah akhirnya ditangani cepat disana, sempat direncakan untuk Operasi sectio caesarea oleh dokter spesialis Obstentri Gynecology nya, namun alhamdulillah ternyata akhirnya lahir anak kedua lewat persalinan normal pada hari selasa tanggal 28 Februari 2017 jam 19.10 WIB di RSU Tangerang Selatan.
Selesai perawatan persalinan, akhirnya Juhairiah diperbolehkan pulang. Namun karena masuk lewat jalur pendaftaran umum, maka pasien dimintai untuk membayar biaya persalinan tersebut.
Juhairiah sempat mengalami kebingungan, ia yang sedari awal tak memiliki persiapan dana persalinan tersebut bercerita pada salah satu kader di wilayahnya, akhirnya kader tersebut menghubungi LKC Dompet Dhuafa untuk meminta bantuan atas biaya persalinannya.
Tim Respon Darurat Kesehatan LKC Dompet Dhuafa langsung diterjunkan, program yang dikhususkan menangani permasalahan darurat kesehatan tersebut berhasil menangani permaslahan yang dihadapi oleh Juhairiah
Alhamdulillah dengan bantuan dari Dompet Dhuafa, Ibu Juhairiah sekeluarga bisa segera pulang dan menikmati anugerah lahirnya anak kedua dari Allah swt.(dr. Pradipta/Goesmoeh)

Leave a Reply