KASUS-KASUS KECELAKAAN DAN PERTOLONGAN PERTAMANYA

Pasien PinsanLKCDOMPETDHUAFA.ORG-Kecelakaan dapat terjadi dimana saja, diperlukan penanganan pertama pada kecelakaan yang dapat menyelamatkan si penderita dari kondisi lebih parah lagi, berikut kondisi dan penanganannya, ;

  1. Penderita Syok/Terkejut
  • Seseorang mengalami syok, wajahnya akan tampak pucat, tubuhnya dingin dan berkeringat. Nafasnya cepat.

Penanganan :

  1. Usahakan untuk membaringkan dan menempatkan kakinya pada posisi yang lebih tinggi daripada kepala, kecuali apabila terdapat luka di kepalanya.
  2. Selimuti tubuhnya agar hangat, tetapi jangan sampai terlalu panas untuknya.
  3. Berikan minuman gula kepada penderita apabila penderita dalam keadaan benar-benar sadar
  1. Tersedak Makanan

Penanganan :

  • Berdirilah di belakang penderita dan peluklah pinggangnya dengan kedua tangan. kepalkan tangan anda pada perut bagian atas, tepat dibawah tulang iga dan diatas pusat. Tarik kuat-kuat kepalkan tangan anda ke arah atas. Ulangi beberapa kali hingga makanan keluar dari tenggorokan penderita.
  1. Bahan Kimia Atau Serangga Mengenai Mata

Penanganan :

  • Baringkan korban dan tuangkan air steril ke dalam matanya untuk menghilangkan bahan kimianya, kemudian kompreslah dengan kain kasa steril dan segera ke dokter.
  • Jika serangga yang mengenai mata, ambillah dengan ujung saputangan bersih. Namun jika masih terasa tidak enak segeralah ke dokter. Jangan sekali-kali mengusap mata yang terkena bahan kimia atau serangga dengan tangan telanjang
  1. Sengatan Serangga

Penanganan :

  • Sengatan lebah, jika bengkak telah muncul, kompreslah segera dengan es. Jika korban alergi terhadap sengatan serangga tertentu, segeralah meminta pertolongan dokter.
  1. Keracunan

Penanganan :

  • Berilah minum (air biasa,susu ,atau kelapa)sebanyak mungkin hingga korban bisa muntah, dan bawalah ke dokter. meski demikian, tidak selalu korban muntah.

 

  1. LUKA BAKAR

Penanganan :

  • Alirkan/siram dengan air biasa/air mengalir ditempat yang terbakar, jika lukanya masih tahap pertama, hingga rasa sakit hilang.
  • Jika lukanya sudah melepuh, bawa ke rumah sakit.
  1. Luka lecet/gores/tersayat

Penanganan :

  • Cucilah dengan air dan tutuplah luka dengan plester atau band aid. Namun jika luka gores/robek terlalu besar, harus segera ditangani dokter.
  1. PERDARAHAN

Penanganan :

  • Hentikan pendarahan dengan cara menekan luka atau sekitar luka. Tekan terus-menerus. Jangan melepas tekanan tiap sebentar hanya untuk melihat apakah pendarahan sudah berhenti
  • Apabila setelah diberikan tekanan pendarahan masih belum berhenti, mungkin nadi atau pembuluh darah balik terputus, tekan nadi yang di dekat luka, untuk menghentikan aliran darah dari jantung ke tempat lain. Segera bawa ke dokter !!
  1. Terkilir

Penanganan :

  • Letakkan bagian tubuh terkilir lebih tinggi dari bagian tubuh lainnya, untuk mencegah pembengkakan, lalu segera meminta pertolongan ahli atau dokter. Khusus untuk lutut yang terkilir, segera bawa ke dokter, karena jika ditangani oleh yang kurang professional, akan berakibat buruk di kemudian hari.

 

Leave a Reply