Nadia Deswita Maharani (7 tahun) sudah 4 kali dioperasi, kini perawatannya butuh Rp10 juta per bulan

Dok;Goesmoeh

Dok; Goesmoeh

LKCDOMPETDHUAFA.ORG TANGERANG – Sudah empat kali Nadia Deswita Maharani (7 tahun) Putri ke-3 pasangan Agus Salim (43) dan Wulandari (36) dioperasi. Ia didiagnosa menderita 3 penyakit sekaligus; penyakit Hydrocephalus, Craniosynostosis (Kecacatan tulang tengkorak) dan Epilepsi. Karena penyakitnya itu, kini Nadia harus melakukan perawatan rutin yang membutuhkan dana Rp10 juta rupiah.

Jangankan untuk berjalan, layaknya anak kecil lainnya pada umumnya, bocah berkebutuhan khusus itu sampai saat ini tak bisa mengkonsumsi makanan yang keras, ia tiap hari harus mengkonsumsi susu sebagai pengganti makanan. Bahkan, untuk menelan susu yang diberikan untuknya, Nadia harus menggunakan alat bantu NGT (Nasal Gastri Tube) yaitu alat yang digunakan untuk memasukan nutrisi cair dengan selang plastic.

“Dari lahir sampai sekarang Nadia gak bisa makan pak, jangankan makan untuk menelan susu saja Nadia harus menggunakan alat bantu selang NGT,” ungkap Wulandari saat ditemui Tim RDK LKC Dompet Dhuafa, Mukhtar Sofa, Mamat Ismanto dan Meyta (ahli Gizi) di kediamannya, Perumahan Griya Asri, Legok-Kabupaten Tangerang, Kamis (19/1/2017.

Bukan hanya untuk keperluan kesehatan yang menjadi beban berat Wulandari, untuk membeli susu formula yang bernutrisi tinggi sesuai anjuran dokter anak juga cukup merepotkan. Susu khusus itu, harganya terbilang mahal menurut ukuran Wulandari. Begitu juga kebutuhan beberapa alat kesehatan lainnya yang rutin harus diganti.

“Untuk selang NGT saja saya bisa mengeluarkan uang sekitar tiga ratus ribuan pak, suami saya kan kerjanya hanya sebagai supir, tau sendiri gaji supir sekarang berapa, mana cukup untuk semua kebutuhan sehari-hari Nadia saja,” keluh Wulandari kepada Tim RDK.

Saking lamanya Wulandari merawat Putrinya itu, ia pun menjadi hapal semua obat yang biasa diberikan dokter spesialis anak untuk Nadia. Bahkan Wulandari pun telah mahir memasang alat NGT. Yang seharusnya dipasang oleh tenaga medis.

“Pernah waktu Nadia dirawat dan harus pasang alat NGT, ternyata perawat tersebut masih belum mahir memasangkan alatnya, akhirnya saya menawarkan diri memasang sendiri alat tersebut, melihat carakerja saya memasangkan alat NGT, petugas perawat itu menyangka saya juga orang medis,” kelakar Ibuyang dulunya sempat menjadi Guru Taman Kanak-Kanak di wilayah tempat tinggalnya.

Melihat banyaknya kebutuhan yang harus dicukupi untuk keseharian Nadia, Wulandari berharap ada donatur yang sudi meringankan bebannya, ia bahkan rela menyebarkan celengan agar ada yang mau membantunya. – Goesmoeh

Ingin meringankan beban orang tua Nadia, kontak LKC Dompet Dhuafa

Gedung LKC,
Ciputat Mega Mal Blok D-01
Jl. Ir. H. Juanda No 34
Ciputat 15414
Telp. : 021 – 7416262
Fax. : 021 – 7416171
PIC. Mukhtar Sofa HP/WA: 0856 948 222 88

 

Leave a Reply