LKC Dompet Dhuafa Ikut Sukseskan Pencanangan TOSS TB di Marunda

menkes ri hari tb seduniaLKC.DOMPETDHUAFA.ORG (JAKARTA) – Layanan Kesehatan Cuma – Cuma (LKC) Dompet Dhuafa ikut mensukseskan Pencanangan Gerakan Temukan dan Obati Sampai Sembuh Pasein Tuberkulosis (TOSS TB) yang diselenggarakan oleh Kementerian Kesehatan Republik Indonesia di Rusunawa Marunda, Cilincing, Jakarta Utara, Sabtu (2/4). Dalam kegiatan tersebut LKC Dompet Dhuafa turut meramaikan dengan membuka stand yang menampilkan aktifitas program penanggulangan Tuberkulois.

Selain dihadiri oleh Menteri Kesehatan Republik Indonesia (Menkes RI) Nila Farid Moeloek, dalam kesempatan acara tersebut turut pula dihadiri oleh Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaya Purnama. Gerakan yang bertajuk “Keluarga Menuju Indonesia Bebas Tubercullosis” ini juga dicanangkan dalam rangka memperingati Hari TB Sedunia yang jatuh pada tanggal 24 Maret.

Dalam sambutannya Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaya Purnama atau yang biasa dikenal Ahok menyatakan bahwa penyakit ini sangat berbahaya.“Indonesia itu sudah juara 2 untuk penularan Tb. ini satu hal yang sangat bahaya, makanya kenapa saya sangat setuju bikin acara di tempat ini” kata mantan Bupati Bangka Belitung itu.

Ahok mengakui bahwa penyakit di Jakarta terlalu banyak, terutama penyakit Tb, maka ungkap dia upaya promotif dan prefentif dinilai sangat penting, sehingga penggusuran kawasan kumuh dinilai Ahok akan menjadi salah satu upaya preventif terhadap pencegahan penyebaran penyakit Tb.

Sementara itu dalam sambutannya, Menkes RI Nila Farid Moeloek menegaskan, bahwa penyakit Tb dapat disembuhkan, dengan catatan bahwa pasien tersebut mau melakukan pengobatan secara tuntas. Namun apabila pasien tersebut mangkir dalam pengobatannya maka hal itu akan menyebabkan pasien tersebut mengalami kebal terhadap obat, kondisi tersebut disebut Tb MDR (Multi Drugs Resistance)

“Hal ini harus dicegah, karena kalau pasien mengalami hal demikian, maka harus diberi obat anti Tb jenis lain yang harganya mahal dan memakan waktu yang relatif lama” ungkap Nila dihadapan ratusan peserta yang menghadiri acara.

Usai Pencanangan TOSS TB Gerakan Keluarga Bebas Tuberkulosis, Menkes RI serta Gubernur DKI Jakarta disertai beberapa tamu undangan mengunjungi stand yang ikut meramaikan acara tersebut. Selain berkunjng ke stand Instansi Kesehatan Pemerintah dan lembaga-lembaga sosial masyarakat lainnya, Menkes RI dan Gubernur DKI Jakarta mengunjungi stand LKC Dompet Dhuafa.

Setelah itu, kegiatan dilanjutkan dengan peninjauan tempat penjaringan 700 warga masyarakat terduga Tb melalui rangkaian tes kesehatan serta tes dahak. (gm/mj)

Leave a Reply