Pos Sehat Husnul Khotimah Memantapkan Kiprah Bantu Kesehatan Dhuafa

Pos Sehat Husnul Khotimah #1ResizeLKC.DOMPETDHUAFA.ORG (PROFIL) – Berawal dari sebuah kerpihatinan bersama yang dirasakan oleh pengurus Masjid Husnul Khotimah – Depok terhadap nasib lansia atas fasilitas kesehatan yang masih sulit di jangkau, hingga akhirnya mendorong sebagian warga yang tinggal di Perumahan Mega Cinere membentuk sebuah Pos Sehat. berupa unit pelayanan kesehatan gratis untuk kaum yang tidak mampu.

Hal tersebut seperti yang diungkapkan oleh Ketua Pos Sehat Husnul Khotimah, Susilowati saat ditemui untuk wawancara oleh Staf Media LKC Dompet Dhuafa pada Selasa (26/1/2016).

Susilowati mengungkapkan, pelayanan Pos Sehat Husnul Khotimah lebih ditekankan terhadap mayoritas lansia di wilayah sekitar Perumahan Mega Cinere dan sekitarnya, seperti daerah Pondok Cabe Ilir, Kecamatan Pamulang-Tangerang Selatan.

“Awalnya kita memberikan bantuan pendidikan untuk anak yang tinggal di sekitar komplek, namun karena kita ingin melebarkan cakupan penerima manfaat, maka kita bergerak ke wilayah Pondok Cabe Ilir yang lokasinya walau beda Kotamadya namun jaraknya berdekatan,dan kebetulan mustahiqnya banyak,“ tuturnya.

Pos Sehat yang didirikan di Masjid Husnul Khotimah Jl. Banjar Blok M Mega,Kelurahan Cinere, Kecamatan Cinere, Kota Depok-Jawa Barat itu setiap prakteknya tak kurang melayani lebih dari 60 warga. Selain mendapatkan pelayanan kesehatan, mereka juga mendapatkan penyuluhan dan bingkisan sembako.

“Kegiatan sosial kita memang bukan fokus pada kesehatan saja, ada pendidikan dan pemberian santunan anak yatim – piatu,” ungkap perempuan yang sudah menetap puluhan tahun sebagai warga Perumahan Mega Cinere.

Salah satu pengujung Pos Sehat Husnul Khotimah, Nasiyah (80) Warga Pondok Cabe ilir menuturkan, bahwa ia rela datang ke Pos Sehat tersebut meski lokasinya sangat jauh. Nasiyah yang diantar oleh cucunya datang untuk berobat merasa bahwa pelayanan yang diberikan dari Pos Sehat sangat baik.

Nasiyah merasa sangat nyaman ketika datang untuk memeriksakan kesehatannya di Pos Sehat Husnul Khotimah. Pasalnya Ia kerap bertegur sapa dengan para pengurus pos sehat, dan tak jarang justru para pengurus pos sehat yang lebih dahulu bertanya mengenai kondisi fisiknya.

Sementara itu salah satu petugas medis yang berpraktek di Pos Sehat Husnul Khotimah, dr. Windi Imelda Kusyani (40) merasa senang tak kala ia ditawari oleh pengurus pos sehat untuk menjadi salah satu relawan yang aktif di Pos Sehat tersebut, ia yang juga berpraktek di beberapa rumah sakit swasta itu menganggap bahwa kiprahnya di Pos Sehat yang sudah empat tahun berdiri itu merupakan sebuah pengabdian yang dilakukan terhadap masyarakat yang kurang beruntung (GM)

Leave a Reply