081-808-944-888 layandonatur@lkc.or.id

Ernawati, SKp., M.Kep., Sp.Kmb, Dosen yang Tidak Betah Dibelakang Meja

ernawati uinLKC.DOMPETDHUAFA.ORG (CIPUTAT) – Saat awal mengetahui LKC Dompet Dhuafa di tahun 1999,ada terbersit keheranan dalam benak Ernawati, SKp., M.Kep.,Sp.Kmb.,(42). Dosen di Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan Unversitas Islam Negeri (UIN) Jakarta ini tidak pernah menyangka, bahwa di masa itu telah ada rumah sakit yang memberikan pelayanan kesehatan secara gratis terutama bagi kaum dhuafa.

“Saya sangat tertarik dengan yayasan yang orientasinya tidak profit seperti LKC, saya sempat heran, kok hari gini masih ada organisasi seperti ini, pasti para karyawannya mendapatkan insentif yang gak seberapa,” ungkap Ernawati saat wawancara usai melakukan riset dan bimbingan pasien Diabetes Mellitus di Gedung Serba Guna LKC Dompet Dhuafa, Selasa (10/11)

Maka sejak saat itu, hatinya tergerak untuk turut serta memberikan kontribusi dengan terjun langsung menjadi relawan kesehatan ketika LKC Dompet Dhuafa membutuhkan tenaganya, “Saya pernah diajak LKC buat ngisi penyuluhan di Karawang sana, selain itu juga banyak kegiatan-kegiatan yang melibatkan saya, saya sangat senang sekali” terang Istri dari Joko Suhartono (42) kepada Staf Media LKC Dompet Dhuafa.

Ernawati mengungkapkan, sejak terlibat dalam kegiatan LKC Dompet Dhuafa, ia dapat menerapkan ilmu yang selama ini dipelajari. Perempuan yang bercita – cita meraih gelar Profesor di bidang ilmu keperawatan ini bahkan tiap tahun mengadakan penelitian di LKC Dompet Dhuafa guna mengetahui seberapa jauh pengetahuan pasien tentang penyakitnya

“Saya sebagai dosen gak mau hanya duduk manis dibelakang meja tanpa berbuat sesuatu, disisi lain luang waktu yang dimiliki oleh saya juga tidak ingin digunakan untuk nyambi di rumah sakit, saya lebih nyaman memberikan edukasi kepada pasien terutama pasien penderita diabetes mellitus, agar mereka dapat mengetahui secara detail tentang penyakit yang dideritanya serta apa saja yang harus mereka lakukan“ terang ibu dari Fatiyah Hamasa, Nurmayamin Kamila dan M. Jihadi Robbani.

Ernawati mengungkapkan, bahwa ia melihat sesuatu yang berbeda dalam interaksi antar karyawan di LKC Dompet Dhuafa. “Ditempat lain sangat terasa ada semacam kasta antara dokter dan bidang lain, di sini terasa semuanya mendapatkan porsi yang sama, mereka sangat menjaga keharmonisan antar karyawan” kata Ernawati yang tercatat menjadi warga di Jl. Teratai No 627 RT 06/16, Kel. Srengseng Sawah, Kec. Jagakarsa, Jak – Sel

Saat ditanya apa motivasinya yang membuat dirinya mau bergelut dalam aktifitas sosial selama ini, Ernawati menjawab,“Saya percaya dengan berbagi pengalaman itu bisa menjadi amal jariyah yang akan terus mengalir sampai saya meninggal kelak” pungkas dosen yang menjabat sebagai Sekretaris Program Studi Ilmu Keperawatan Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan UIN Syarif Hidayatulloh Jakarta mengakhiri. (gm/mj)

Leave a Reply