dr. Naning Sudaningsih, Aktif Menjual Jamu

LKC.DOMPETDHUAFA.ORG (BOGOR) – Ada yang beda dengan aktifitas dokter yang satu ini. Adalah dr. Naning Sudaningsih (47), dokter yang berpraktek di lima Pos sehat di wilayah Bogor – Jawa Barat itu selain praktek medis, ia juga melakukan aktifitas lain, yaitu berjualan Jamu.

Ditemui saat mengikuti pelatihan Kader Pos Bindu (Bina Terpadu) yang digelar LKC Dompet Dhuafa, Selasa(13/10), dr. Naning begitu biasa disapa, mau berbagi cerita seputar aktifitasnya yang saat ini digelutinya,“Biar gak banyak bahan kimia yang masuk ke tubuh kita, sehingga para pasien ada pilihan lain,” jelas dr. Naning saat ditemui untuk wawancara.
Pemilik jamu botol dengan merk “Bu Dokter” ini justru menyarankan masyarakat lebih mengkonsumsi jamu sebagai warisan budaya leluhur kita, selain relatif lebih aman, jamu juga dinilai dr. Naning lebih ringan biayanya ketimbang obat lain yang menggunakan zat kimia

Sampai saat ini, dr Naning mengaku, bahwa jamu yang diproduksi secara rumahan ini sudah menembus angka 2000 hingga 3000 botol perbulan. Untuk memenuhi permintaan pelanggan, selama proses produksi dr. Naning sendiri yang langsung turun tangan yang dibantu oleh dua orang karyawannya

“Produk saya legal, saya sudah daftarkan ke POM dan MUI, jadi produknya halal dan sehat, sekarang saya malah selain memproduksi jamu juga mulai tertarik dengan Tibbun Nabawi (Pengobatan ala Nabi Muhammad SAW- Red), karena saya lihat dalam hal ini pengobatan ala Rosul lebih baik,” ungkap dr. Naning meyakinkan.

Ibu dari dua anak Abizar Yusuf Rizki Ali Ghibran (20), dan Aisah Fairus Salsabila (18) ini mengisahkan, bahwa keterlibatannya dalam pos sehat berkat undangan dari salah satu Masjid Baitus Salam yang kala itu sudah memulai debutnya dalam melaksanakan kegiatan pelayanan kesehatan.

“Awalnya saya menjadi tenaga medis di baksos yang diadakan oleh Masjid Baitus Salam, saat itu masjid tersebut sudah memiliki pos sehat dan saya tanyakan bagaimana prosedurnya sehingga terbentuk pos sehat,” kata dr. Naning

Naluri sosialnya muncul dengan seketika, dokter yang memiliki hobi baca itu giat mempromosikan pentingnya pendirian layanan kesehatan berbasis masjid ke berbagai pihak, gayung pun bersambut, berkat tangan dinginnya empat pos sehat bermunculan di wilayah Bogor, diantaranya terletak di Cibinong, Ciawi,Bogor Timur dan Bubulak, “Saya sekarang memegang amanah untuk mengurus 5 Pos Sehat yang ada di Bogor,” terang dr. Naning mengakhiri. (gm/mj)

Leave a Reply