Terapkan InI Jika Ingin Bugar dan Sehat Berpuasa

tips-puasa-bugar-dan-sehatBagi ummat Islam menjalankan ibadah puasa menjadi kewajiban selama bulan Ramadhan. Kecuali bagi mereka yang memiliki alasan yang dibolehkan (syari’) untuk tidak berpuasa selama seharian penuh, mulai terbit fajar hingga terbenam matahari atau waktu Maghrib.

Namun ditengah menjalankan ibadah puasa, tentunya bukan berarti aktifitas sehari – hari malah menurun, terutama dikalangan pekerja karena letih menahan haus dan lapar. Agar terhindar dari hal tersebut, kita mesti mengetahui beberapa kiat, bagaimana menjaga fisik dan pola konsumsi makan baik waktu sahur dan berbuka puasa.

Berikut beberapa tips yang dapat diterapkan, agar fisik tetap sehat dan bugar saat menjalankan puasa sekaligus menjalankan aktivitas harian sebagai karyawan, sehingga tidak mengurangi produktivitas dalam bekerja.

  1. Penuhi kebutuhan minum. Kebutuhan minum harian (minimal 2 liter perhari) tetap dipenuhi dengan cara 2-3 gelas dikala sahur, dan 5-6 gelas dari buka hingga menjelang tidur malam.
  2. Perhatikan kecukupan istirahat dan tidur. Karena waktu tidur malam cenderung berkurang (untuk teraweh dan sahur), bila kita harus bekerja di siang hari tentu sering diserang kantuk yang hebat. Untuk itu segeralah beristirahat setelah teraweh jangan begadang lagi. Untuk menghindari serangan kantuk disaat bekerja lakukan mini break/istirahat sebentar dengan senam ringan.
  3. Jangan terlalu capek. Dengan jalan mengurangi kegiatan yang tidak perlu dan bekerja dengan cerdik. Misalnya memakai alat mekanis daripada memakai tenaga otot.
  4. Bugarkan badan dengan tetap berolahraga, agar aliran darah tetap lancar. Pilihlah jenis olah raga yang tidak terlalu banyak mengeluarkan keringat dan waktu berolahraga yang baik adalah menjelang buka puasa (sambil ngabuburit alias menunggu datangnya saat berbuka puasa).
  5. Berbukalah dari yang ringan mulai dari yang manis dulu, jangan makan makanan yang berat seperti nasi. Mengapa ? karena bila langsung nasi lebih lama diubah menjadi energy dan sebaiknya perut diisi secara perlahan / bertahap setelah seharian dikosongkan.
  6. Janganlah melakukan aksi balas dendam dengan makan yang kelewat banyak di malam hari. Karena akan berakibat lambung ‘terpaksa’ membuat asam lambung berlebih sehingga muncul gejala maag bahkan refluks / muntah.
  7. Jangan terlalu banyak makan di kala sahur. Terlalu banyak makan di waktu sahur justru membuat tubuh menjadi mudah lesu di pagi hari.

Semoga Bermanfaat Dan Selamat Menunaikan Ibadah Puasa

Oleh : dr. Mohamad Ridlo, MM

Leave a Reply